SEPARUH MANTOL

 RENUNGAN HARIAN

TGL 11 NOV 22

 Hari ini kita memperingati 1 org kudus: St Martinus. Ia lahir di Hungaria Barat th 335. Pd usia 10 th, dia mengikuti pelajaran agama kristen dg diam2.  Ia anak seorang perwira tinggi Romawi yg masih kafir dan mengharapkan dia juga menjadi perwira. Maka ayahnya memasukkan dia ke dinas kemiliteran pd usia 15th. 

 Dalam perjalanan dinas ke kota Amiens, dia bertemu dg seorang pengemis yg kedinginan di pintu gerbang kota. Segera dia membelah mantolnya, dan separuhnya dia berikan kpd pengemis itu.  Malam harinya dia mendapat penglihatan: Yesus memakai mantolnya diiringi para malaikatNya. Dia kemudian mengundurkan diri dari dinas kemiliteran dan mengikuti Yesus. Bersama Hilarius dia mendirikan biara, dan menjadi pembimbing para rahib.  Dia ditahbiskan sbg uskup pd usia 55th dan wafat th 397. 

  

Dalam Yes 61: 1-3a  dikisahkan: "Roh Tuhan ALLAH ada padaku, karena TUHAN telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara. 

 Aku diutus pula untuk memberitakan tahun rahmat TUHAN dan hari pembalasan Allah kita, untuk menghibur semua orang berkabung, untuk mengaruniakan kepada mereka perhiasan kepala ganti abu, minyak untuk pesta ganti kain kabung, nyanyian puji-pujian ganti semangat yang pudar

  

Matius dalam injilnya (25: 31-40) mewartakan sabda Yesus: "Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaanNya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaanNya. Lalu semua bangsa akan dikumpulkan di hadapanNya.  Ia akan memisahkan mereka seorang dari yg lain, sama seperti gembala memisahkan domba dari kambing, dan Ia akan menempatkan domba-domba di sebelah kananNya dan kambing-kambing di sebelah kiriNya. 

 Dan Raja itu akan berkata kepada mereka yang di sebelah kananNya: Mari, hai kamu yang diberkati oleh BapaKu, terimalah Kerajaan yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan. Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit, kamu melawat Aku; ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku. 

 Maka orang-orang benar itu akan bertanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar dan kami memberi Engkau makan, atau haus dan kami memberi Engkau minum? Bilamanakah kami melihat Engkau sebagai orang asing, dan kami memberi Engkau tumpangan, atau telanjang dan kami memberi Engkau pakaian? Bilamanakah kami melihat Engkau sakit atau dalam penjara dan kami mengunjungi Engkau?  Dan Raja itu akan menjawab: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudaraKu yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1.  Martinus membelah mantolnya dan memberikan separuhnya kpd pengemis yg kedinginan. Meski dia butuh, tetapi berani mengorbankan separuhnya demi kehidupan sesamanya yg miskin dan lebih menderita. 

 Ternyata mantol yg diberikan kpd pengemis itu, diberikan kpd Yesus. Artinya Yesus benar-benar hadir dlm diri org miskin dan menderita. Maka, hendaknya kita memperlakukan mrk yg miskin, yg menderita dan terlantar dll dg baik2 dan bermartabat. 

 2. Martinus telah mewujudkan sabda Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudaraKu yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku". 

 

Komentar

Postingan Populer