SEMBUH DARI KEBUTAAN

RENUNGAN HARIAN

TGL 14 NOV 22

 

Dalam Why 1: 1-4. 2: 1-5a dikisahkan: "Inilah wahyu Yesus Kristus, yang dikaruniakan Allah kepadaNya, spy ditunjukkanNya kepada para hambaNya apa yang harus segera terjadi. Dan oleh malaikatNya yang diutusNya, Ia telah menyatakannya kepada hambaNya Yohanes. 

 Yohanes telah bersaksi tentang firman Allah dan kesaksian yang diberikan oleh Yesus Kristus, yaitu segala sesuatu yang telah dilihatnya. Berbahagialah ia yang membacakan dan mereka yang mendengarkan kata-kata nubuat ini, dan yang menuruti apa yang ada tertulis di dalamnya, sebab waktunya sudah dekat. 

 Dari Yohanes kepada ketujuh jemaat yang di Asia Kecil: Kasih karunia dan damai sejahtera menyertai kamu, dari Dia, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, dan dari ketujuh roh yang ada di hadapan takhtaNya. "Tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Efesus: Inilah firman dari Dia, yang memegang tujuh bintang itu di tangan kananNya dan berjalan di antara tujuh kaki dian emas itu. Aku tahu segala pekerjaanmu: baik jerih payahmu maupun ketekunanmu. 

 Aku tahu, bahwa engkau tidak dapat sabar terhadap orang-orang jahat, bahwa engkau telah mencobai mereka yang menyebut dirinya rasul, tetapi yang sebenarnya tidak demikian, bahwa engkau telah mendapati mereka pendusta. Dan engkau tetap sabar dan menderita oleh karena namaKu; dan engkau tidak mengenal lelah. Meski demikian Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula. Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan. 

 

Lukas dalam injilnya (18: 35-43) mewartakan: "Waktu Yesus hampir tiba di Yerikho, ada seorang buta yang duduk di pinggir jalan dan mengemis. Waktu mendengar orang banyak lewat, ia bertanya: "Apa itu?" Kata orang kepadanya: "Yesus orang Nazaret lewat."  Lalu ia berseru: "Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!" Maka mereka, yang berjalan di depan, menegor dia supaya ia diam. Namun semakin keras ia berseru: "Anak Daud, kasihanilah aku!" 

 Lalu Yesus berhenti dan menyuruh membawa orang itu kepadaNya. Dan ketika ia telah berada di dekatNya, Yesus bertanya: "Apa yang kaukehendaki supaya Aku perbuat bagimu?" Jawab orang itu: "Tuhan, supaya aku dapat melihat!" Lalu kata Yesus: "Melihatlah engkau, imanmu telah menyelamatkan engkau!"  Dan seketika itu juga melihatlah ia, lalu mengikuti Dia sambil memuliakan Allah. Seluruh rakyat melihat hal itu dan memuji-muji Allah.

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1.  Dikisahkan dlm kitab Wahyu: "Berbahagialah ia yang membacakan dan mereka yang mendengarkan kata-kata nubuat ini, dan yang menuruti apa yang ada tertulis di dalamnya, sebab waktunya sudah dekat". 

 Semoga kita tidak ragu2 utk membaca / mendengarkan sabda Allah. Di sana diberikan jaminan akan keselamatan, bagi mereka yg melakukan pertobatan. 

 2. Orang buta itu ditanya Yesus: "Apa yang kaukehendaki supaya Aku perbuat bagimu?" Jawab orang itu: "Tuhan, supaya aku dapat melihat!"

 Hari ini Tuhan bertanya kpd kita / sdr: "Apa yang kaukehendaki supaya Aku perbuat bagimu?" Semoga jawaban itu memberikan "kesembuhan" dari kebutaan-kebutaan kita, dan mendorong org lain utk turut bersukacita atasnya. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 


Komentar

Postingan Populer