Pertemuan Para Penulis di Manado


Para penulis buku renungan Mutiara Iman, diundang untuk mengadakan rekoleksi, evaluasi dan rekreasi oleh Yayasan penerbit Pustaka Nusatama di Manado. Hadir pada kesempatan itu, 13 orang penulis: awam, suster, imam dan uskup. Pada hari pertama, acara diisi denan bahan rekoleksi yang dipandu oleh pastor Terry Ponomban dan ibu Linda Wahyudi: Duc in altum (bertolaklah ke tempat yang lebih dalam). Acara berlangsung tanggal 22-26 Juni 2009.

Para penulis juga menyepakati bahwa renungan Mutiara Iman, ditulis berdasarkan metode "Lectio Divina" artinya Firman Tuhan direnungkan, dinikmati dan dibiarkan berbicara. Pesan-pesan Tuhan melalui Firman itulah yang kemudian dituturkan dalam tulisan. Tujuan dari merenungkan, dan kemudian membiarkan diri hadiar di hadirat Allah adalah untuk mengalami bahwa tiap-tiap orang dicintai, dimengerti, diteguhkan, diampuni dan diberi harapan oleh Tuhan.

Setelah itu, para peziarah rohani ini dipersilakan memanjatkan doa seesuai denan getaran hati yang muncul saat itu: bersyukur, memuji, memohon, atau menyatakan niat-niat untuk hidup baru dalam Tuhan.

Doa itu, dilanjutkan dengan membuat tekad yang nyata untuk hidup baru yang dapat dilakukan pada hari itu.

Selain rekoleksi dan evaluasi, para peserta juga diajak untuk rekreasi ke pulau Bunaken, ke gua Maria di Kalong, makan bersama di Tinoor dan misa bersama dengan para suster Biara Karmel di Kakaskasen.

Acara ini disponsori oleh Penerbit Pustaka Nusatama. Bpk Robert yang mewakili pihak penerbit hadir pada acara rekoleksi itu. Terima kasih saudara-saudariku...... Terima kasih Pastor Made dan Pastor Vianney yang telah memberi inspirasi untuk penulisan renungan selanjutnnya.

Komentar

Postingan Populer