MALAIKAT PELINDUNG

 RENUNGAN HARIAN

TGL 2 OKT 24

 

Hari ini adalah hari peringatan para Malaikat Pelindung. Tuhan sungguh maha tahu dan maha bijaksana shg umatNya diberi Malaikat Pelindung. 

 

Dalam Kel 23: 20-23a dikisahkan: "Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan. Jagalah dirimu di hadapannya dan dengarkanlah perkataannya, janganlah engkau mendurhaka kepadanya, sebab pelanggaranmu tidak akan diampuninya, dan namaKu ada di dalam dia. Sebaliknya, jika engkau sungguh-sungguh mendengarkan perkataannya, dan melakukan segala yang Kufirmankan, Aku akan memusuhi musuhmu, dan melawan lawanmu, sebab malaikatKu akan berjalan di depanmu. 

 

Matius dalam injilnya (18: 1-5.10) mewartakan: "Pada waktu itu datanglah para murid kepada Yesus dan bertanya: "Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga?" Lalu Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka. Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. 

Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga. Dan barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam namaKu, ia menyambut Aku." Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah BapaKu yang di sorga.  

 

Hikmah yg dpt kita petik:

1. Tuhan sungguh maha tahu dan maha bijaksana shg telah menyediakan apa yg dibutuhkan umat manusia, sebelum mereka memintanya. Hidup di dunia ini memang menyenangkan dan membahagiakan, tetapi sekaligus juga menantang dan berat. Tidak jarang mrk jatuh dalam godaan dan dosa. Para malaikat pelindung memungkinkan manusia utk tetap bertahan dlm kesulitan dan setia kpd Tuhan. 

Hendaknya kita bersyukur atas anugerah itu dan berterima kasih kpd malaikat pelindung kita, dg jalan setia kpd Tuhan dan perintahNya. 

2. Sabda Yesus ttg para malaikat pelindung yg selalu memandang wajah Bapa di surga, hendak menekankan bhw para malaikat itu benar2 utusan Bapa. Siapakah kita sehingga diberi anugerah yg mulia itu. 

Semoga kita menghargai Allah dan para malaikatNya, dg membagikan sukacita itu dalam hidup sehari-hari. Misalnya: menyapa sesama, melakukan tugas dan tg jawab dg rela dan gembira hati, menemani rekan yg butuh teman saat belanja, menjaga org sakit dll. Dg cara itu, mrk akan mengakui bhw para malaikat itu bekerja melalui diri kita. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer