CELAKA

 RENUNGAN HARIAN

TGL 16 OKT 24

 

Melalui Gal 5: 18-25 Paulus menyapa umatnya: "Sdr-2, jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat. Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu — seperti yang telah kubuat dahulu — bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. 

Sebaliknya, buah-buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu. Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh. 

 

Lukas dalam Injilnya (11: 42-46) mewartakan Sabda Yesus: "Celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu membayar persepuluhan dari selasih, inggu dan segala jenis sayuran, tetapi kamu mengabaikan keadilan dan kasih Allah. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan. Celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu suka duduk di tempat terdepan di rumah ibadat dan suka menerima penghormatan di pasar. Celakalah kamu, sebab kamu sama seperti kubur yang tidak memakai tanda; orang-orang yang berjalan di atasnya, tidak mengetahuinya." 

Seorang dari antara ahli-ahli Taurat itu menjawab dan berkata kepadaNya: "Guru, dengan berkata demikian, Engkau menghina kami juga." Ia menjawab: "Celakalah kamu juga, hai ahli-ahli Taurat, sebab kamu meletakkan beban-beban yang tak terpikul pada orang, tetapi kamu sendiri tidak menyentuh beban itu dengan satu jaripun.

 

Hikmah yg dpt kita petik:

1. Dg jelas dan tegas Paulus menyatakan bhw nafsu daging telah menyebabkan masalah dan beban bagi org yg dikuasainya. Sebaliknya kuasa dan bimbingan Roh Kudus, akan membawa sukacita, damai dan kebahagiaan. Hendaknya umat Allah / kita memilih utk selalu dipimpin oleh Roh Kudus itu. 

2. Yesus dg keras menegur mrk yg menindas org lain dengan meletakkan beban-2 berat kpd sesama / org lemah / tak berdaya, dg kata "celaka". Mrk mencari keuntungan dan kepuasan di atas penderitaan sesamanya. Org2 kecil juga punya martabat yg sama. Hendaklah para pemuka masyarakat / pemuka umat / yg punya kuasa berlaku adil dan benar kpd mrk yg sesungguhnya butuh pertolongan. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer