SERIUS

 RENUNGAN HARIAN

TGL 25 JUNI 23

 

Dalam Yer 20: 10-13 dikisahkan: "Aku telah mendengar bisikan banyak orang: "Kegentaran datang dari segala jurusan! Adukanlah dia! Kita mau mengadukan dia!" Semua sahabat karibku mengintai apakah aku tersandung jatuh: "Barangkali ia membiarkan dirinya dibujuk, sehingga kita dapat mengalahkan dia dan dapat melakukan pembalasan kita terhadap dia!" 

 TUHAN menyertai aku seperti pahlawan yang gagah, sebab itu mereka yang mengejar aku akan tersandung jatuh dan tidak dapat berbuat apa-apa. Mereka akan menjadi malu sekali, sebab mereka tidak berhasil, suatu noda yang selama-lamanya tidak terlupakan! 

 Ya TUHAN semesta alam, yang menguji orang benar, yang melihat batin dan hati, biarlah aku melihat pembalasanMu terhadap mereka, sebab kepadaMulah kuserahkan perkaraku.  Menyanyilah untuk TUHAN, pujilah TUHAN! Sebab ia telah melepaskan nyawa orang miskin dari tangan orang-orang yang berbuat jahat.  

 

Paulus dalam Rom 5: 12-15 menyapa umatnya: "Sdr2, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa. 

 Sebelum hukum Taurat ada, telah ada dosa di dunia, tetapi dosa itu tidak diperhitungkan kalau tidak ada hukum Taurat. Sungguhpun demikian maut telah berkuasa dari zaman Adam sampai kepada zaman Musa juga atas mereka, yang tidak berbuat dosa dengan cara yang sama seperti yang telah dibuat oleh Adam, yang adalah gambaran Dia yang akan datang. 

 Karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Jika karena pelanggaran satu orang semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karuniaNya, yang dilimpahkanNya atas semua orang karena satu orang, yaitu Yesus Kristus. 

  

Matius dalam injilnya (10: 26-33) mewartakan sabda Yesus: "Janganlah kamu takut terhadap mereka, karena tidak ada sesuatupun yang tertutup yang tidak akan dibuka dan tidak ada sesuatupun yang tersembunyi yang tidak akan diketahui. 

 Apa yang Kukatakan kepadamu dalam gelap, katakanlah itu dalam terang; dan apa yang dibisikkan ke telingamu, beritakanlah itu dari atas atap rumah.  Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka. 

 Bukankah burung pipit dijual dua ekor seduit? Namun seekorpun dari mereka itu tidak akan jatuh ke bumi di luar kehendak Bapamu. Dan kamu, rambut kepalamupun terhitung semuanya. Sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit. 

 Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Aku juga akan mengakuinya di depan BapaKu yang di sorga. Sebaliknya, siapa yang menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan BapaKu yang di sorga."

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1. Yeremia memberikan kesaksian bhw org yg tulus dan benar, ketika berseru dan berlindung padanya, akan mendapatkan penyertaanNya. Tuhan tidak membiarkan para musuh bersukacita atas kemalangan kita. 

 2. Yesus menjamin kehidupan dan keselamatan umat yg percaya kpdaNya. Mrk jauh lebih berharga drpd burung pipit dan ciptaan lainnya. 

 Hendaknya sabda Yesus itu ditanggapi dengan serius melalui perbuatan yg berkenan kpd Tuhan dan sesama. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer