MENDOAKAN

 RENUNGAN HARIAN

MINGGU, 18 JUNI 23

 

Dalam Kel 19: 2-6a diberitakan: "Setelah berangkat dari Rafidim, tibalah bangsa Israel di padang gurun Sinai, lalu mereka berkemah, di depan gunung itu. Lalu naiklah Musa menghadap Allah, dan TUHAN berseru dari gunung itu kepadanya: "Beginilah kaukatakan kepada keturunan Yakub dan kauberitakan kepada orang Israel: "Kamu sendiri telah melihat apa yang Kulakukan kepada orang Mesir, dan bagaimana Aku telah mendukung kamu di atas sayap rajawali dan membawa kamu kepadaKu".  

Jadi sekarang, jika kamu benar-benar mendengarkan firmanKu dan berpegang pada perjanjianKu, kamu akan menjadi harta kesayanganKu sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi. Kamu akan menjadi bagiKu kerajaan imam dan bangsa yang kudus.

 

Paulus melalui Rom 5: 6-11 menyapa umatnya: "Sdr2 ketika kita masih lemah, Kristus telah mati untuk kita orang-orang durhaka pada waktu yang ditentukan oleh Allah. Sebab tidak mudah seorang mau mati untuk orang yang benar — tetapi mungkin untuk orang yang baik ada orang yang berani mati. 

Meski demikian, Allah menunjukkan kasihNya kepada kita, karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa. Lebih-lebih, karena kita sekarang telah dibenarkan oleh darahNya, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah. Jikalau ketika masih seteru, kita diperdamaikan dengan Allah oleh kematian AnakNya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidupNya!  Dan bukan hanya itu saja! Kita malah bermegah dalam Allah oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, sebab oleh Dia kita telah menerima pendamaian itu. 

 

Matius dalam injilnya (9: 36- 10: 8) mewartakan: "Pada waktu itu, ketika melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala. Maka kataNya kepada para muridNya: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu." 

Lalu, Yesus memanggil 12 muridNya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat, untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan.  Inilah nama 12 rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia.

 12 murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1.  Musa dipilih Allah utk menjadi perantara DiriNya dg umatNya. Dia menjadi org kepercayaan Allah utk menyampaikan pesan amat penting yaitu bhw bila mrk menuruti perintahNya, mereka menjadi umat kesayanganNya dan bangsa yg kudus. 

 Hendaknya kita rela bila dipilih utk menjadi perantara / utusan Allah bagi sesama. 

 2.   Ketika jumlah umat makin banyak, Yesus memilih 12 rasul dan memberi mereka kuasa mengajar dan mengadakan mukjizat. 

 Semoga kita rela dan setia utk mendoakan dan mendukung para utusan Allah (para guru agama, para ketua lingkungan, para piko, para diakon, para imam, para uskup dan paus) agar menjadi saksi Kristus yg setia. Semoga melalui mereka terlaksana mukjizat Tuhan bagi umatNya. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer