KESELAMATAN SESAMA

 RENUNGAN HARIAN

TGL 13 JUNI 23

 

Hari ini kita memperingati 1 orang kudus yaitu St. Antonius dr Padua. Dia lahir di Lisabon, Portugal dg nama Ferdinand. Setelah menyelesaikan studinya dan bergabung dg Ordo Fransiskan, dia mendapat nama baru: Antonius. Pada waktu diadakan Kapitel di Asisi, dia diminta utk berkotbah. Semua saudaranya amat kagum akan kotbahnya yg menarik dan mendalam. Sejak saat itu, dia diutus utk berkotbah di Perancis, Italia dan Sisilia. Dia meninggal di Padua pada usia 36th.  

 

Dalam Yesaya (61: 1-3a ) diberitakan: "Roh Tuhan ALLAH ada padaku, karena TUHAN telah mengurapi aku. Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara. 

Aku diutus untuk memberitakan tahun rahmat TUHAN dan hari pembalasan Allah kita, untuk menghibur semua orang berkabung, untuk mengaruniakan kepada mereka perhiasan kepala ganti abu, minyak untuk pesta ganti kain kabung, nyanyian puji-pujian ganti semangat yang pudar.

 

Lukas dalam injilnya (10: 1-9) mewartakan: "Ketika itu, Tuhan menunjuk 70 murid yang lain, lalu mengutus mereka berdua-dua mendahuluiNya ke setiap kota dan tempat yang hendak dikunjungiNya. 

Ia berkata kepada mereka: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu. Pergilah, sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala. Janganlah membawa pundi-pundi atau bekal atau kasut, dan janganlah memberi salam kepada siapapun selama dalam perjalanan. 

Kalau kamu memasuki suatu rumah, katakanlah lebih dahulu: Damai sejahtera bagi rumah ini. Dan jikalau di situ ada orang yang layak menerima damai sejahtera, salammu itu akan tinggal atasnya. Tetapi jika tidak, salammu itu kembali kepadamu. 

Tinggallah di rumah itu, makan dan minumlah apa yang diberikan orang kepadamu, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. Janganlah berpindah-pindah rumah. Dan jikalau kamu masuk ke dalam sebuah kota dan kamu diterima di situ, makanlah apa yang dihidangkan kepadamu, dan sembuhkanlah orang-orang sakit yang ada di situ dan katakanlah kepada mereka: Kerajaan Allah sudah dekat padamu.

Hikmah yg dpt kita petik:

1.  St. Antonius dianugerahi kemampuan utk berkotbah yg mendalam isinya dan menyegarkan kehidupan pendengarnya. Hal itu hanya bisa terjadi, karena Allah bekerja melalui dia, utk menyapa umatNya dan menyatakan tahun rahmat Tuhan. 

Semoga pada masa kinipun Tuhan menyatakan warta yg sama melalui para utusanNya. 

2.  Yesus berpesan: "Para utusan ketika berada di kampung org, menyapa tuan rumah (=memberi salam), melayani dan menghantar mrk utk mengenal Allah, mau tinggal di sana dan makan apa yg dihidangkan".  

Artinya para utusan itu siap utk melayani, dan menyesuaikan diri dg keadaan umat dan tanpa banyak tuntutan. Allah dan keselamatan sesama yg diutamakan dan bukan dirinya. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer