DARI ALLAH

 RENUNGAN HARIAN

TGL 21 JUNI 23

 

HARI INI KITA MEMPERINGATI 1 ORANG KUDUS YAITU ST. ALOYSIUS GONZAGA.  Dia lahir di Castiglione, Itali th 1568, dr keluarga bangsawan. Dia tidak merasa betah tinggal di istana, karena menurut dia, kehidupan mrk tidak sesuai dg kehendak Allah.   Meski ditentang keluarganya, dia tetap masuk biara dan bergabung dg Serikat Jesus. Prestasinya yg tinggi di bidang kemanusiaan, dan ilmu pengetahuan lainnya  membuat dia diakui sbg teladan bagi rekan2nya. Aloysius meninggal di Roma pd usia 23 th karena penyakit pes.

 

Dalam 1Yoh 5: 1-5, rasul Yohanes menyapa umatnya: "Setiap orang yang percaya, bahwa Yesus adalah Kristus, lahir dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi Dia yang melahirkan, mengasihi juga Dia yang lahir dari-Nya.  Inilah tandanya, bahwa kita ini anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah serta melakukan perintah-perintahNya. Inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintahNya. 

 Perintah-perintahNya itu tidak berat, sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita.  Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari  dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah? 

  

Matius dalam injilnya (22: 34-40) mewartakan: "Ketika orang-orang Farisi mendengar, bahwa Yesus telah membungkam orang-orang Saduki, berkumpullah mereka.  Seorang dari mereka, seorang ahli Taurat, bertanya untuk mencobai Yesus: "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?" 

 Jawab Yesus: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.  Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1.  Diwartakan bhw setiap org yg percaya bhw Yesus adalah Kristus, lahir dari Allah.

 Artinya hanya orang-orang yang lahir / berasal dari Allah, atau dapat juga dikatakan org itu dipilih Allah, percaya bhw Yesus adalah Kristus.  Inisiatif / karunia agar org bisa percaya kpd Kristus itu berasal dari Allah, karena dg kekuatan sendiri, manusia tidak bisa sampai ke tahap itu.  Hendaknya kita bersyukur kpd Allah atas anugerah itu.

 2.  Yesus menegaskan di dalam hukum kasih kpd Tuhan dan sesama,  tergantung seluruh hukum taurat dan kitab para nabi. 

 Artinya 2 hukum itu sungguh mendasar dan amat penting bagi hukum2 yg lain. Hendaknya kita melakukannya dg tulus, setia dan penghargaan yg tinggi. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer