TITIPAN

 RENUNGAN HARIAN

TGL 24 JAN 24

 

Hari ini kita memperingati 1 orang kudus: st. Fransiskus de Sales. Dia lahir di Sales - Savoya th 1567 dan setelah studi seminari tinggi, dia ditahbiskan sbg imam th 1594. Karena pengajaran dan kotbah-kotbahnya yg luar biasa dan mendalam, dia diangkat sbg uskup Jenewa. Dia menekankan kesempurnaan hidup dalam kotbah-2nya. Dia wafat di Lyon - Perancis th 1622. 

 

Melalui Ef 3: 8 -12 Paulus menyapa umatnya: "Sdr-2, kepadaku, yang paling hina di antara segala orang kudus, telah dianugerahkan kasih karunia ini, untuk memberitakan kepada orang-orang bukan Yahudi kekayaan Kristus, yang tidak terduga itu. Aku diutus juga untuk menyatakan apa isinya tugas penyelenggaraan rahasia yang telah berabad-abad tersembunyi dalam Allah, yang menciptakan segala sesuatu, supaya sekarang oleh jemaat diberitahukan pelbagai ragam hikmat Allah kepada para pemerintah dan para penguasa di sorga, sesuai dengan maksud abadi, yang telah dilaksanakanNya dalam Kristus Yesus, Tuhan kita. Di dalam Dia kita beroleh keberanian dan jalan masuk kepada Allah dengan penuh kepercayaan oleh iman kita kepadaNya.  

 

Yohanes dalam injilnya (15: 9-17) mewartakan sabda Yesus: "Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasihKu itu. Jikalau kamu menuruti perintahKu, kamu akan tinggal di dalam kasihKu, seperti Aku menuruti perintah BapaKu dan tinggal di dalam kasihNya.  Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacitaKu ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh. Inilah perintahKu, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. 

Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk para sahabatnya. Kamu adalah sahabatKu, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari BapaKu. 

Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam namaKu, diberikanNya kepadamu. Inilah perintahKu kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain."

Hikmah yg dpt kita petik: 

1. Paulus sungguh-2 mengakui bhw apa yg dia miliki dan yg dilakukan berasal dr Allah, karena dia adalah makhluk yg paling hina. Semua itu diberikan kepadanya supaya dia menjadi utusan Allah dan menyalurkan kasih karunia kpd banyak org. 

Dia memberikan teladan kepada kita bhw apa yg ada pada kita adalah titipan. Pada suatu hari Allah akan meminta pertanggungjawaban atas apa yg telah diberikan kpd masing-2. 

2. Yesus berjanji bhw apa yg kita minta kpd Allah melalui Dia, akan dikabulkan. 

Hendaknya kita pun demikian, apa yg kita janjikan segera dilaksanakan. Janganlah suka menunda-nunda dan mencari dalih utk membenarkan diri. Amin. (Mgr Nico Adi MSC)

 

Komentar

Postingan Populer