SIMPATIK

 RENUNGAN HARIAN

TGL 21 JAN 24 

 

Dalam Yunus 3: 1-5.10 dikisahkan: "Ketika itu, datanglah firman TUHAN kepada Yunus untuk kedua kalinya: "Bangunlah, pergilah ke Niniwe, kota yang besar itu, dan sampaikanlah kepadanya seruan yang Kufirmankan kepadamu." Bersiaplah Yunus, lalu pergi ke Niniwe, sesuai dengan firman Allah. Niniwe adalah sebuah kota yang mengagumkan besarnya, tiga hari perjalanan luasnya. Mulailah Yunus masuk ke dalam kota itu sehari perjalanan jauhnya, lalu berseru: "Empat puluh hari lagi, maka Niniwe akan ditunggangbalikkan." 

Orang Niniwe percaya kepada Allah, lalu mengumumkan puasa dan mereka, baik orang dewasa maupun anak-anak, mengenakan kain kabung. Ketika melihat perbuatan mereka itu, yakni bagaimana mereka berbalik dari tingkah lakunya yang jahat, menyesallah Allah karena malapetaka yang telah dirancangkanNya terhadap mereka, dan Iapun tidak jadi melakukannya.

 

Paulus melalui 1Kor 7: 29-31 menyapa umatnya: Sdr-2, inilah yang kumaksudkan, yaitu: waktu telah singkat! Karena itu dalam waktu yang masih sisa ini mrk yang beristeri harus berlaku seolah-olah tidak beristeri; dan mrk yang menangis seolah-olah tidak menangis; dan mrk yang bergembira seolah-olah tidak bergembira; dan mrk yang membeli seolah-olah tidak memiliki apa yang mereka beli. Pendeknya mrk yang mempergunakan barang-barang duniawi seolah-olah sama sekali tidak mempergunakannya, sebab dunia seperti yang kita kenal sekarang akan berlalu.

 

Markus dalam injilnya (1: 14-20) mewartakan: "Sekali peristiwa, sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah: "Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!" Ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat Simon dan Andreas, saudara Simon. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan. Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." 

Lalu merekapun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. Dan setelah Yesus meneruskan perjalananNya sedikit lagi, dilihatNya Yakobus, anak Zebedeus, dan Yohanes, saudaranya, sedang membereskan jala di dalam perahu. Yesus segera memanggil mereka dan mereka meninggalkan ayahnya, Zebedeus, di dalam perahu bersama orang-orang upahannya lalu mengikuti Dia.

Hikmah yg dpt kita petik:

1. Org-2 Ninive bertobat setelah mendengarkan teguran Yunus. Mrk tidak menyalahkan org lain karena trguran itu. Malah mrk bersyukur karena Tuhan telah bermurah hati baik kpd mereka agar bertobat. 

Marilah kita bergerak dan mewujudkan apa yg dipercayakan Tuhan kepada kita dan memperoleh keselamatan. 

2. Para murid meninggalkan semuanya: orangtua, pekerjaan dan buruh-2 mereka karena tertarik kepada Pribadi dan kata-2 Yesus.  

Semoga kita karena kasih Allah menjadi pribadi2 yg simpatik dan menarik karena kata-2 dan tindakan kita mencerminkan kehadiran dan saluran rahmat Allah. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer