TIDAK ADA

 RENUNGAN HARIAN

TGL 6 JAN 24

 

Melalui 1Yoh 5: 5-11 Yohanes menyapa umatnya: "Sdr-2, siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah? Inilah Dia yang telah datang dengan air dan darah, yaitu Yesus Kristus, bukan saja dengan air, tetapi dengan air dan dengan darah. 

Dan Rohlah yang memberi kesaksian, karena Roh adalah kebenaran. Ada tiga yang memberi kesaksian: Roh dan air dan darah dan ketiganya adalah satu. Kita menerima kesaksian manusia, tetapi kesaksian Allah lebih kuat, sebab demikianlah kesaksian yang diberikan Allah tentang AnakNya. Barangsiapa percaya kepada Anak Allah, ia mempunyai kesaksian itu di dalam dirinya; barangsiapa tidak percaya kepada Allah, ia membuat Dia menjadi pendusta, karena ia tidak percaya akan kesaksian yang diberikan Allah tentang AnakNya. 

Dan inilah kesaksian itu: Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita dan hidup itu ada di dalam AnakNya. Barangsiapa memiliki Anak, ia memiliki hidup; barangsiapa tidak memiliki Anak, ia tidak memiliki hidup. Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal.  

 

Markus dalam injilnya (1: 7-11) mewartakan ketika banyak org datang kepada Yohanes, Ia menjelaskan: "Sesudah aku akan datang Ia yang lebih berkuasa dari padaku; membungkuk dan membuka tali kasutNyapun aku tidak layak. Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus." 

Pada waktu itu datanglah Yesus dari Nazaret di tanah Galilea, dan Ia dibaptis di sungai Yordan oleh Yohanes. Pada saat Ia keluar dari air, Ia melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atasNya. Lalu terdengarlah suara dari sorga: "Engkaulah AnakKu yang Kukasihi, kepadaMulah Aku berkenan."

Hikmah yg dpt kita petik: 

1. Melalui st. Yohanes ditegaskan bhw org yg percaya kpd Kristus, telah mengalahkan dunia ( = pelbagai kekuatan yg ada di dunia ). 

Kalau demikian, kepercayaan itu merupakan ikatan / tautan yg amat kuat antara org itu dg Pribadi Kristus. Dia "melekat erat dan berada dalam kesatuan dg Kristus". Maka, hendaknya kita yg telah percaya kpd Kristus berusaha agar ikatan itu tetap terpelihara dg baik.

2. Yohanes Pembaptis dg amat jelas mengatakan bhw sesudah dia, akan datang Yesus yg lebih berkuasa dan berwenang daripada diriNya. 

Dia memberi teladan bhw antara dia dan Yesus tidak ada pertentangan dan perselisihan. Hendaknya kita pun mberi kesaksian bhw antara kita dan sesama tidak ada persaingan dan permusuhan. Yg ada adalah kerukunan dan damai sejahtera serta bersama-sama berjuang agar menjadi org yg berkenan kpdNya dan sesama. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer