TIDAK MENCURI DAN MENCARI

 RENUNGAN HARIAN

TGL 15 JAN 23

 

Hari ini adalah Hari Minggu BIASA PEKAN II. Meski minggu biasa, kita telah dijiwai oleh semangat Natal: Allah menyertai umatNya, sehingga di dalam kegiatan / peristiwa yg biasa, bisa terjadi hal-hal / kejadian yg luar biasa. 

 Dalam Yes 49: 3.5-6 dikisahkan beginilah firman kepada Yesaya: "Engkau adalah hambaKu, Israel, dan olehmu Aku akan menyatakan keagunganKu."  TUHAN membentuk aku sejak dari kandungan untuk menjadi hambaNya, untuk mengembalikan Yakub kepadaNya, dan supaya Israel dikumpulkan kepadaNya, maka aku dipermuliakan di mata TUHAN, dan Allahku menjadi kekuatanku. 

 Dia berfirman: "Terlalu sedikit bagimu hanya untuk menjadi hambaKu, untuk menegakkan suku-suku Yakub dan untuk mengembalikan orang-orang Israel yang masih terpelihara. Maka,  Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang berasal dari-Ku sampai ke ujung bumi."  

  

Paulus dalam 1Kor 1: 1-3 menyapa umatnya: "Dari Paulus, yang oleh kehendak Allah dipanggil menjadi rasul Kristus Yesus, dan dari Sostenes, saudara kita, kepada jemaat Allah di Korintus, yaitu mereka yang dikuduskan dalam Kristus Yesus dan yang dipanggil menjadi orang-orang kudus, dengan semua orang di segala tempat, yang berseru kepada nama Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Tuhan mereka dan Tuhan kita. Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu. 

 

Yohanes dalam injilnya (1: 29-34) mewartakan: "Pada suatu ketika,  Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia. Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: "Sesudah aku, akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku. Dan aku sendiripun mula-mula tidak mengenal Dia, tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel." 

 Lalu, Yohanes memberi kesaksian: "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atasNya. Dan akupun tidak mengenalNya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atasNya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus. Aku telah melihatNya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah."

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1.  Inilah firman Tuhan: "Engkau adalah hambaKu, Israel, dan olehmu Aku akan menyatakan keagunganKu."  

 Dalam Perjanjian Baru, Israel baru adalah umat yg percaya kepada Allah dan Yesus Kristus, yaitu Anak Allah yg diutus ke dunia ini. 

 Allah menunjuk Israel (umat Allah) sbg HambaNya.  Tentu yg dipilih bukan hamba abal-abal, tetapi yg berkualitas, berdaya pikat dan cemerlang karena akan menyatakan / menyalurkan keagungan Allah. Mari kita doakan para hamba Allah itu agar mereka bukan abal-abal tetapi berkualitas lahir batin, agar keselamatan Allah dialami banyak org. 

 2.  Yohanes Pembaptis ketika Yesus datang kepadanya,  menyatakan: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia. Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: sesudah aku, akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku".

 Yohanes menyatakan apa adanya ttg dirinya dan org yg datang kepadanya. Dia dg terus terang dan tidak berbelit-belit, menunjukkan Yesus (Anak Domba Allah) kepada org banyak. Dialah yg harus diikuti, dan bukan dirinya.  Mengapa Yohanes, berbuat demikian ? Karena, dia tahu benar-benar dan menerima "tugas yg diembannya" yaitu menghantar org kepada Domba Allah. Dia tidak mencuri dan mencari popularitas, kedudukan, kejayaan, dll karena pribadinya yg matang dan seimbang. 

 

Hendaknya kita pun demikian: matang dan seimbang kepribadiannya, dan tahu tugas perutusan yg dipercayakan kpd kita. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer