BEKAL

 RENUNGAN HARIAN

TGL 31 JAN 23

 

Hari ini kita memperingati 1 orang kudus: st. Yohanes Bosko. Dia yg lahir th 1815 di Becci - Itali, ditahbiskan sbg imam th 1841. Pelayanannya sbg imam diabdikan di bidang pendidikan utk kaum muda.  

Ia mambuka perkumpulan utk mendidik kaum muda yg buta huruf, terlantar dan miskin. Ia mendidik mereka dg penuh kesabaran dan tanggung jawab shg mrk menjadi orang2 baik, mandiri dan bertanggung jawab.  Ia mendirikan Tarekat imam dan bruder yg diberi nama Kongregasi Salesian, dan bagi kaum perempuan, didirikan Serikat Putri2 Maria. Ia dikenal juga sbg perintis penerbitan katolik, rajin menulis buku dan pamflet. 

 

Dalam Filp 4: 4-9 Paulus menyapa umatnya: "Sdr2, bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah! Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat! 

 Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.

 Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu. Dan apa yang telah kamu pelajari dan apa yang telah kamu terima, dan apa yang telah kamu dengar dan apa yang telah kamu lihat padaku, lakukanlah itu. Maka Allah sumber damai sejahtera akan menyertai kamu.  

  

Matius dalam injilnya (18: 1-5) mewartakan: " Pada waktu itu datanglah para murid itu kepada Yesus dan bertanya: "Siapakah yang terbesar di dalam Kerajaan Sorga?" Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka.

 Lalu Dia berkata: "Sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar di dalam Kerajaan Sorga. Dan barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam namaKu, ia menyambut Aku."

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1. Ditegaskan Paulus: "Apa yang telah kamu pelajari dan kamu terima, dan apa yang telah kamu dengar dan kamu lihat padaku, lakukanlah itu. Maka Allah sumber damai sejahtera akan menyertai kamu". 

 Bosko menanggapi sabda itu, menghayatinya dan mempraktekkannya kepada kaum muda yg terlantar, buta huruf dan miskin. Pada masa ini pun banyak org terlantar karena buta huruf dan miskin.  Mrk ini akan dg mudah menjadi korban penipuan dan ketidakadilan. Marilah kita mohon kpd Tuhan agar menggerakkan pemerintah dan banyak lembaga utk mengentaskan kaum muda dari keterbelakangan dan kemskinan. 

 2.  Yesus bersabda: "Barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam namaKu, ia menyambut Aku." 

 Menyambut anak kecil yg lincah, sehat dan cerdas memang menyenangkan dan mengasyikan. Di sisi lain, menyambut anak2 yg sakit, kurus dan tidak bersemamgat, benar2 menuntut pelayanan dan pengorbanan yg besar.  Apa pun keadaan mereka, baik sehat maupun sakit, mrk layak kita sambut sebab mereka adalah penerus bangsa dan pelanjut terang dan iman kepada Kristus. Pembinaan dan persiapan yg baik, akan menjadi bekal bagi mrk spy menjadi manusia2 yg tangguh, mandiri dan beriman teguh. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer