KEHENINGAN HATI

 RENUNGAN HARIAN

TGL 21 JAN 23

 

Hari ini adalah Hari Keempat Pekan Doa Sedunia. Semoga semakin banyak tokoh pemersatu yg menyemangati warganya agar makin giat utk memupuk semangat dan mewujudkan persatuan. 

 Hari ini kita memperingati 1 orang kudus yaitu st. Agnes. Dia lahir di Roma th 291. Sbg seorang gadis,  kecantikannya menawan banyak pemuda shg ingin memperistri dia. Karena lamarannya ditolak, mereka melaporkan identitas Agnes sbg org kristen. 

 Ia menolak semua tuduhan mereka dan mempertahankan kemurniannya. Th 304 dia dibunuh dg pedang, dg cara dipenggal kepalanya. Agnes dilukiskan sedang mendekap Anak Domba sbg lambang kemurnian, dan daun palma sbg lambang kebebasan. 

 

Paulus dalam 1Kor 1: 26-31 menyapa umatnya: "Sdr2,  bagaimana keadaan kamu, ketika kamu dipanggil: menurut ukuran manusia tidak banyak orang yang bijak, tidak banyak orang yang berpengaruh, tidak banyak orang yang terpandang. Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat.

Apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat, dan apa yang tidak terpandang dan yang hina bagi dunia, dipilih Allah, bahkan apa yang tidak berarti, dipilih Allah untuk meniadakan apa yang berarti, supaya jangan ada seorang manusiapun yang memegahkan diri di hadapan Allah.  Oleh Allah, kamu berada dalam Kristus Yesus, yang telah menjadi hikmat bagi kita. Ia membenarkan dan menguduskan dan menebus kita. Karena itu seperti ada tertulis: "Barangsiapa yang bermegah, hendaklah ia bermegah di dalam Tuhan."

 

Matius dalam injilnya (13: 44-46) mewartakan sabda Yesus:  "Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang, yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi. Karena sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu.  Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, iapun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu."

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. St Agnes telah memberikan teladan dan inspirasi bhw dia memilih Kristus, mengimaniNya sbg Penyelamat, dan bertekad hidup murni utk Dia. Maka, yg lain2 dia tinggalkan, dan memilih mati drpd mengganti / mengubah pilihan hidupnya. Dia setia pada pilihannya. 

 Hendaknya kita pun demikian, setia pada pilihan meski harus menghadapi resiko yg besar / berat. Pada saat2 demikian, Allah memberikan rahmat dan kekuatanNya shg kita dpt bertahan. 

 2.  Diwartakan Matius: "Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang, yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi. Karena sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu".

 St Agnes dan para kudus telah menemukan dan mengalami Kristus sbg "harta abadi" / "mutiara hati yg amat indah" sehingga mereka siap sedia "menjual apa yg ada padanya".  "Harta abadi itu" ditemukan dan dialami dalam keheningan hati, menetapkan waktu utk seluas-luasnya membangun relasi kasih dg Dia. Hal itu dilakukan dg berdoa, membaca KS atau riwayat org2 kudus, memandang Dia yg hadir dalam Skr Mahakudus, dan juga menerima skr tobat. 

 

Tentu mereka juga terlibat dalam kegiatan harian, misalnya, berkebun, menangani pekerjaan rumah tangga, bergaul dg sahabat / tetangga, dll. 

 

Tuhan akan membimbing org2 yg mencari Dia, melalui org2 yg diutusNya, shg dpt mengalami kehadiranNya. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer