MENJADI BESAR

 RENUNGAN HARIAN

02 Januari 2023 

 Hari ini kita memperingati 2 orang kudus: st Basilius Agung & Gregorius dr Nazianze - Uskup dan Pujangga Gereja. Basilius lahir di Kaisarea th 329 dari keluarga kristen yg saleh. Dia studi di Konstantinopel dan Athena. Di Athena dia bersahabat dg Gregorius dr Nazianze.  

 Dia membangun biara di Asia kecil, dan digelari bp perintis utk hidup membiara di Gereja Timur. Dia kemudian diangkat sbg Uskup th 370. Ia giat membela iman terhadap serangan bidaah Arianisme.  Dia meninggal tgl 1 Jan 379 dan dihormati sbg Pujangga Gereja. 

  

Paulus dalam Ef (4:1-7.11-13) menyapa umatnya: "Sdr2, orang yang dipenjarakan karena Tuhan, menasehati kamu supaya hidupmu sebagai orang-orang yang telah dipanggil berpadanan dengan panggilan itu.  Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu. Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera. 

 Satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu, satu Tuhan, satu iman, satu baptisan, satu Allah dan Bapa dari semua, Allah yang di atas semua dan oleh semua dan di dalam semua.   Kepada kita masing-masing telah dianugerahkan kasih karunia menurut ukuran pemberian Kristus. Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar. 

 Semuanya itu untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus. 

 

 Dalam Injilnya (23:8-12), Matius mewartakan sabda Yesus: "Janganlah kamu disebut Rabi; karena hanya satu Rabimu dan kamu semua adalah saudara. Dan janganlah kamu menyebut siapa pun bapa di bumi ini, karena hanya satu Bapamu, yaitu Dia yang di sorga. 

 Janganlah pula kamu disebut pemimpin, karena hanya satu Pemimpinmu, yaitu Mesias. Barangsiapa terbesar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu.  Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.   

 Hikmah yang dapat kita petik:

 1.  Basilius berasal dari keluarga kristen yg saleh. Peran orangtua dan pendidikan di dalam keluarga amatlah penting bagi anak2 mereka. 

 Mendampingi anak2 dan memberikan pengertian kepada mereka ttg kebaikan dan hubungan pribadi dengan Allah, tidak bisa digantikan oleh medsos, atau fasilitas lainnya.  Apa yg dilakukan orgtua sehari-hari dg setia, sabar dan gembira merupakan teladan yg amat berharga bagi anak2. Maka, hendaknya orgtua memperhatikan dan melakukan hal ini, agar seluruh anggota keluarga hidup selaras dgn panggilan yg dianugerahkan Allah kpd mereka masing2. 

 2. Yesus menegaskan: "Barang siapa ingin menjadi besar, hendaklah dia menjadi pelayanmu". 

 "Menjadi besar" yg diajarkan dan dilakukan Yesus, tentu pertama-tama bukan karena harta, pangkat, popularitas, tetapi karena pelayanan yg dilakukan dg kerendahan hati, hormat dan sukacita, serta ketulusan.   Semua itu menuntut pengorbanan. Hendaknya kita rela dan tulus dalam melakukan tindakan itu.  Amin. (Mgr. Nico Adi, MSC)

 

Komentar

Postingan Populer