SALAM

 RENUNGAN HARIAN

TGL 7 JULI 2022

 

Dalam Hos 11 : 1b. 3-4. 8c-9 dikisahkan beginilah firman Tuhan: "Ketika Israel masih muda, Kukasihi dia, dan dari Mesir Kupanggil anak-Ku itu. Akulah yang mengajar Efraim berjalan dan mengangkat mereka di tangan-Ku, tetapi mereka tidak mau insaf, bahwa Aku menyembuhkan mereka.

 Aku menarik mereka dengan tali kesetiaan, dengan ikatan kasih. Bagi mereka Aku seperti orang yang mengangkat kuk dari tulang rahang mereka; Aku membungkuk kepada mereka untuk memberi mereka makan. Hati-Ku berbalik dalam diri-Ku, belas kasihan-Ku bangkit serentak. Aku tidak akan melaksanakan murka-Ku yang bernyala-nyala itu, tidak akan membinasakan Efraim kembali, sebab Aku ini Allah dan bukan manusia, Yang Kudus di tengah-tengahmu, dan Aku tidak datang untuk menghanguskan.

 

 Matius dalam injilnya (10: 7-15) mewartakan sabda Yesus kepada para muridNya: "Pergilah dan beritakanlah Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan.  Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.

 Janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu. Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya.

 Apabila kamu masuk kota atau desa, carilah di situ seorang yang layak dan tinggallah padanya sampai kamu berangkat. Apabila kamu masuk rumah orang, berilah salam kepada mereka. Jika mereka layak menerimanya, salammu itu turun ke atasnya, jika tidak, salammu itu kembali kepadamu. 

 Dan apabila seorang tidak menerima kamu dan tidak mendengar perkataanmu, keluarlah dan tinggalkanlah rumah atau kota itu dan kebaskanlah debunya dari kakimu. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya pada hari penghakiman tanah Sodom dan Gomora akan lebih ringan tanggungannya dari pada kota itu.”

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1.  Beginilah firman Tuhan: "Akulah yang mengajar Efraim berjalan dan mengangkat mereka di tanganKu, tetapi mereka tidak mau insaf, bahwa Aku yg menyembuhkan dan menarik mereka dengan tali kesetiaan, dengan ikatan kasih.

 Betapa besar kasih dan perlindungan Allah kpd umatNya, namun dibalas mrk dg kelalaian dan kealpaan.  Hendaknya umat Allah yg telah dibela oleh Kristus, menanggapi kasih Allah itu dg tali kesetiaan. 

 2.  Yesus menegaskan:"Jika kamu masuk rumah orang, berilah salam kepada mereka. Jika mereka layak menerimanya, salammu itu turun ke atasnya, jika tidak, salammu itu kembali kepadamu". 

 Artinya salam (= berkat / anugerah) Allah itu tetap tercurah dan tidak akan terbuang  sia2 karena diterima oleh org yg memberikan. Maka, tetaplah kita / sdr bersukacita dlm memberikan salam / berkat  Tuhan kpd sesama. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer