KELEGAAN

 RENUNGAN HARIAN 

TGL 29 APRIL 24

 

Hari ini kita memperingati 1 org kudus yaitu St. Katarina dari Siena. Dia lahir di kota Siena Italia Utara th 1347. Ketika berumur 6th dia melihat Kristus di atas gereja St. Dominikus yg sedang memberkati dirinya. Meski baru berumur 15th, dia diijinkan utk bergabung dg Ordo St. Dominikus. Di biara dia tetap melaksanakan doa dan meditasi yg sejak kecil dilakukannya, sambil berkarya amal dan merasul. Lama kelamaan dirinya menjadi pusat perhatian para biarawati di komunitasnya karena kerohaniannya dan kepribadiannya yg menarik. 

Pada masa itu, situasi gereja dan para imamnya tidak menampilkan citra yg baik. Situasi itu menggerakkan dia utk berbuat sesuatu. Dia menyurati Paus dan meminta beliau yg berada di Avignon - Perancis utk kembali ke Roma. Tulisan2 dan ajarannya menggerakkan para pemimpin biara utk membuat pembaharuan hidup membiara. Itulah sebabnya dia digelari pujangga gereja. Pada akhir hidupnya dia dianugerahi stigmata. Katarina meninggal th 1380 pada usia 33th. 

 

Dalam 1Yoh 1: 5 - 2: 2 Yohanes menyapa umatNya: Sdr2, inilah berita, yang telah kami dengar dari Yesus, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan. Jika kita katakan, bahwa kita beroleh persekutuan dengan Dia, namun kita hidup di dalam kegelapan, kita berdusta dan kita tidak melakukan kebenaran. Jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, AnakNya itu, menyucikan kita dari  segala dosa. Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita. 

Jika kita mengaku dosa kita, Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. Jika kita berkata, bahwa kita tidak ada berbuat dosa, kita membuat Dia menjadi pendusta dan firmanNya tidak ada di dalam kita. 

 

Matius dalam injilnya (11: 25-30) mewartakan pada waktu itu berkatalah Yesus: "Aku bersyukur kepadaMu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepadaMu. Semua telah diserahkan kepadaKu oleh BapaKu dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya. 

Marilah kepadaKu, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah padaKu, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Kuk yang Kupasang itu enak dan bebanKupun ringan."

Hikmah yg dpt kita petik:

1.  Buah-2 rohani yg dimiliki St Katarina bukan hanya berguna bagi dirinya sendiri, tetapi juga bagi komunitas dan seluruh gereja. Bahkan dia berhasil meyajinkan Paus yg berada di Avignon Perancis, kembali ke Roma. Dia tidak memikirkan ketenteraman dirinya sendiri, tetapi menggugah pihak2 lain utk membuat pembaharuan hidup dan karya mrk. Kita pun digugah utk mewujudkan buah2 rohani dalam kehidupan bersama dg sesama dan berani menghadapi resikonya. 

2.  Yesus siap utk melegakan semua org yg berbeban berat. Kelegaan itu akan dialami melalui tindakan belajar. Tidak ada kebahagiaan dan damai yg datang begitu saja seakan-akan didrop dr langit. Semua itu harua direbut dg bantuan rahmat Allah. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer