KEMULIAAN ALLAH

 RENUNGAN HARIAN

TGL 26 MEI 23

 

Hari ini kita memperingati 1 orang kudus yaitu st. Filipus Neri. Beliau adalah seorang imam yg lahir di Florence  Italia th 1515. Pada umur 22 th dia hidup di antara para gelandangan, penganggur dan kaum muda  di Roma di bawah perlindungan Bunda Maria. Sesudah ditahbiskan sbg imam, dia meningkatkan pelayanan bagi mrk.  Ia dpt membaca batin org dan meramalkan masa depan mrk, serta menyembuhkan org2 sakit. Ia senantiasa memberikan semangat dan sukacita kpd umatnya. Ia meninggal th 1595 dan dihormati sbg rasul kota Roma.

 

Dalam Filp 4: 4-9 Paulus menyapa umatnya: "Sdr2, bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah! Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat! 

 Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus. 

 Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, yang mulia, yg adil, yang suci, yang manis, yang sedap didengar, yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.  Dan apa yang telah kamu pelajari dan yang telah kamu terima, dan yang telah kamu dengar dan yang telah kamu lihat padaku, lakukanlah itu. Maka Allah sumber damai sejahtera akan menyertai kamu.

 

Yohanes dalam injilnya (17: 20-26) mewartakan doa Yesus kepada BapaNya: "Bapa yg kudus, bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepadaKu oleh pemberitaan mereka. Semoga mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. 

 Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepadaKu, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu.  Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku. 

 Ya Bapa, Aku mau supaya, di manapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepadaKu, agar mereka memandang kemuliaanKu yang telah Engkau berikan kepadaKu, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan. 

 Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.  Aku telah memberitahukan namaMu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepadaKu ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka."

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1.  Filipus Neri menjadi orang kudus dengan cara melayani dg setia dan penuh kasih, para gelandangan, penganggur dan kaum muda. 

 Org2 yg sering dianggap "sampah  / pengganggu / merepotkan" ternyata menjadi alat Tuhan utk menyucikan hidup seseorang.  Hendaknya kita meneladan org kudus itu shg "bersahabat / mau melayani org2 yg tersingkir atau tidak beruntung" dg rela hati. 

 2. Yesus dalam doaNya menyatakan: "Aku telah memberitahukan namaMu kpd mereka". 

 Dia tidak takut / tidak cemas bhw nama BapaNya akan dihina, ditolak, atau dibiarkan saja, karena semuanya itu *tidak akan menurunkan / tidak mengurangi kemuliaan Allah*. Allah tetap mulia dan agung meskipun  manusia merasa telah merendahkan atau menyingkirkan Engkau. 

 Pemberitahuan itu justru dilakukan agar manusia mau hidup dan tinggal bersama Allah yg agung dan mulia.  Semoga kita sepanjang hidup ini terus-menerus berusaha utk menerima anugerah itu dg gembira. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer