AKU BERDOA

 RENUNGAN HARIAN

TGL 21 MEI 23

 

Dalam Kis 1: 12-14 diberitakan: "Pada waktu itu, kembalilah rasul-rasul itu ke Yerusalem dari bukit yang disebut Bukit Zaitun, yang hanya seperjalanan Sabat jauhnya dari Yerusalem.  Setelah mereka tiba di kota, naiklah mereka ke ruang atas, tempat mereka menumpang. 

Mereka itu ialah Petrus dan Yohanes, Yakobus dan Andreas, Filipus dan Tomas, Bartolomeus dan Matius, Yakobus bin Alfeus, dan Simon orang Zelot dan Yudas bin Yakobus.  Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama, dengan beberapa perempuan serta Maria, ibu Yesus, dan dengan saudara-saudara Yesus.

 

Yohanes dalam injilnya (17: 1-11a) mewartakan: "Pada waktu itu, sambil menengadah ke langit, Yesus berdoa: "Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah AnakMu, supaya AnakMu mempermuliakan Engkau.  Sama seperti Engkau telah memberikan kepadaNya kuasa atas segala yang hidup, demikian pula Ia akan memberikan hidup yang kekal kepada semua yang telah Engkau berikan kepadaNya. 

 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus. Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepadaKu untuk melakukannya. 

 Maka, ya Bapa, permuliakanlah Aku padaMu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadiratMu sebelum dunia ada. Aku telah menyatakan namaMu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepadaKu dari dunia.  Mereka itu milikMu dan Engkau telah memberikan mereka kepadaKu dan mereka telah menuruti firmanMu. Sekarang mereka tahu, bahwa semua yang Engkau berikan kepadaKu itu berasal dariMu. 

 Segala firman yang Engkau sampaikan kepadaKu telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dariMu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.  Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepadaKu, sebab mereka adalah milikMu dan segala milikKu adalah milikMu dan milikMu adalah milikKu, dan Aku telah dipermuliakan di dalam mereka. Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepadaMu.

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1. Sesudah kembali dari bukit zaitun, mrk kembali ke rumah, dan bertekun dalam doa, bersama dg Maria, ibu Yesus, beberapa perempuan dan sdr Yesus. 

 Dalam keadaan takut, cemas, dan belum tahu akan masa depan mrk, mereka mengutamakan persekutuan dan bertekun dalam doa.  Allah sang sumber kehidupan dan kebijaksanaan dihadirkan dan dijadikan sumber kekuatan masa depan. Semoga kita pun ketika menghadapi masalah / ketidakpastian. Mrk juga membuka hati utk membangun persekutuan dg sdr2 yg sama2 mengimani Yesus.

 2. Yesus mendoakan para muridNya yg sdg berjuang di dunia. Sbg Guru dan Gembala tidak melupakan domba2Nya.  Hendaknya kita pun sbg domba2Nya tetap setia pada Gembala kita dan pada jalan yg ditunjukkanNya. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer