INSPIRASI DARI FULTON SHEEN


Pembaca yang budiman....
Pada bulan ini, hanya 1 tulisan yang saya hadirkan untuk anda. Saya menemukan renungan dari Mgr Fulton Sheen – yang diberi judul: “Saya Akan Mencari Gereja yang Dibenci Dunia”. Ada pesan apakah yang hendak beliau sampaikan ?   

Di dalam dunia dan masyarakat yang begitu modern dan mendambakan gemerlapnya lampu-lampu di gedung-gedung mewah, alat-alat komunikasi dan transportasi yang memudahkan orang bergerak dan berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain, hiburan dan makan-minum yang ditawarkan di mana-mana, “kebencian” bukanlah sesuatu yang menarik untuk dijadikan topik seminar atau pertemuan.  Undangan untuk hadir ke pesta: ulang tahun atau perkawinan atau syukuran keluarga, adalah undangan yang menarik daripada ajakan untuk hadir lokakarya.   Namun ada banyak pula, yang gemar dan turut dalam menyebar luaskan ujaran kebencian, caci maki, berita-berita bohong (hoax) di media sosial.   

Kalau demikian, dengan judul: “Saya Akan Mencari Gereja yang Dibenci Dunia”, apa yang terkandung di dalamnya ?   Mari kita simak tulisan beliau di bawah ini. Semoga anda menemukan mutiara indah di dalamnya.

“Bila saya bukan katolik, dan sedang mencari Gereja yang benar di dunia ini sekarang, Saya akan mencari Gereja yang tidak bersahabat dengan dunia; di lain kata, saya akan mencari Gereja yang dibenci dunia” .  “Alasan saya adalah ini, yaitu bila Kristus ada dalam satu dari gereja-gereja didunia, Ia pasti juga masih dibenci seperti ketika Ia berada di dunia sebagai manusia. Bila kamu hendak menemukan Kristus di jaman sekarang, maka carilah Gereja yang tidak bersahabat dengan dunia”. 

“Carilah Gereja yang dibenci dunia, seperti Kristus yang dibenci oleh dunia. Carilah gereja yang dituduh karena ketinggalan zaman, karena Tuhan kita juga dituduh karena kebodohannya dan karena tidak pernah belajar”.  “Carilah Gereja yang dicemooh oleh manusia sebagai sesuatu yang rendah secara sosial, seperti mereka mencemooh Tuhan kita karena Ia berasal dari Nazareth. Carilah Gereja yang dituduh memiliki iblis, seperti Tuhan kita yang dituduh dirasuki Beelzebub, Pangeran para iblis”. “Carilah gereja, yang dalam masa-masa bigotry, manusia berkata bahwa ia harus dihancurkan dalam nama Allah seperti manusia menyalibkan Kristus dan berpikir mereka telah melakukan ini untuk melayani Allah”. 

“Carilah Gereja yang ditolak dunia karena klaim infalibilitasnya (tidak dapat salah), seperti Pilatus menolak Kristus karena Ia menyebut diri-Nya Kebenaran. Carilah Gereja yang ditolak dunia seperti Tuhan kita yang ditolak oleh manusia” . “Carilah Gereja yang walaupun berada di tengah kebingungan karena opini-opini yang bertentangan, anggotanya mengasihi seperti mereka mengasihi Kristus, dan menghormati Suaranya sebagai Suara Pendirinya, dan kecurigaan akan bertumbuh, bahwa bila Gereja tidak populer dengan semangat dunia, maka ia tidak berasal dari dunia, dan bila ia tidak berasal dari dunia, ia berasal dari dunia yang lain”. 

Apakah anda siap untuk dibenci....disingkirkan atau dicela karena iman kepada Yesus, setia kepada Gereja-Nya dan karena perbuatan baik kepada sesama manusia ?  



Komentar

Postingan Populer