Hadir di Manado

Perayaan syukur 40 tahun imamat Mgr J.Suwatan MSC dirayakan di Manado pada tanggal 8 Januari 2009 yang lalu. Acara syukuran itu diawali dengan Misa bersama umat dan biarawan-wati di katedral Manado, jam 06.30. setelah misa ada acara "sarapan pagi bersama" di wisma uskup. Betapa bahagianya adik dan kemenakan Mgr Suwatan yang turut hadir pada kesempatan itu.

Sore harinya, jam 15.00 Misa Syukur dilaksanakan di Gegung Malapus, di kompleks kantor Gubernur Sulut, dan dihadiri oleh 5 uskup tamu: Mgr. John Liku Ada (Makasar), Mgr. PC Mandagi MSC ( Ambon), Mgr. Datus Lega (Sorong), Mgr. Niko Adi MSC (Merauke), Mgr Michael Angkur OFM (Bogor). Para imam, biarawan-wati, umat dan para undangan memenuhi kursi dan seluruh tempat duduk yang disiapkan panitia.

Uskup yang berbahagia itu, menceritakan kembali perjalanannya menjadi seorang imam. Mula-mula dia bosan dan jenuh dengan kehidupan rohani, namun entah bagaimana ada dorongan untuk menjadi pengajar agama. Di bawah bimbingan seorang imam Jesuit, Yos kecil ikut kegiatan rohani di kalangan para mahasiswa. Ketika dia hendak "lari" dari panggilan itu, malah di dalam hatinya ada suara yang selalu menarik dia untuk kembali dan mengajaknya untuk melayani sesama. Kuliahnya ditinggalkan, dan dia memulai kehidupan baru di Seminari. Jalan Tuhan memang benar-benar misteri.

Proficiat Mgr Suwatan......... ad multos annos

Komentar

Postingan Populer