TERUS-MENERUS

 

RENUNGAN HARIAN

TGL 26 JULI 24

 

Hari ini kita memperingati 2 orang kudus yaitu st. Yoakhim dan st. Anna. Mereka adalah orangtua dr Bunda Maria. 

 

Dalam Sir 44: 1.10-15 dikisahkan: "Sekarang kami hendak memuji orang-orang termasyhur, para nenek moyang kita menurut urut-urutannya. Yang berikut ini adalah orang kesayangan, yang kebajikannya tidak sampai terlupakan. Semuanya tetap tinggal pada keturunannya sebagai warisan baik yang berasal dari mereka. 

 

Keturunannya tetap setia kepada perjanjian-perjanjian, dan anak-anak merekapun demikian pula keadaannya. Keturunan mereka akan tetap tinggal untuk selama-lamanya, dan kemuliaannya tidak akan dihapus. Dengan tenteram jenazah mereka ditanamkan, dan nama mereka hidup terus turun temurun. Para bangsa bercerita tentang kebijaksanaannya, dan pujian mereka diwartakan jemaah. 

 

Matius dalam injilnya (13: 16-17) mewartakan sabda Yesus: "Berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya. Mereka ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.

Hikmah yg dpt kita petik:

1. Kebajikan dan nilai-nilai kehidupan yg ditanamkan dan diwariskan orangtua kepada anak-cucu mereka ternyata hidup terus dan dialami oleh begitu banyak generasi sesudah mereka. Mrk di satu pihak bangga akan warisan itu sehingga mrk pun dihargai dan dijunjung tinggi oleh banyak bangsa. Di pihak lain, hidup dan tindakan mereka telah mengangkat nama dan martabat orangtua dan leluhur mrk. Hidup dan teladan Bunda Maria telah mengangkat dan memuliakan nama Yoakhim dan Anna menjadi orang-orang kudus. 

Semoga hidup dan amal baik yg kita lakukan juga akan mengangkat martabat dan kemuliaan orgtua dan leluhur kita masing-masing. 

2. Orang butuh utk mendengar dan melihat kebaikan Allah yg diwujudkan oleh orang2 yg hidupnya diliputi rasa syukur, kebahagiaan, sukacita, dan damai sejahtera. 

Untuk itu semua, alam rasa, hati nurani, kepekaan kita perlu dilatih dan diarahkan terus-menerus agar dapat menangkap dan melihat keindahan dan kebaikan yg terjadi di dalam keluarga, di komunitas dan di masyarakat. Semoga kita masing-2 mau melatih diri terus-menrus agar melihat dan mendengar karya Allah yg terjadi di sekitar kita. Amin. (Mhr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer