BERSAING

 RENUNGAN HARIAN

TGL 15 JULI 24

 

Hari ini kita memperingati 1 orang kudus: st. Bonaventura. Dia lahir th 1218 di Itali. Ketika masuk biara, dia diberi nama Bonaventura oleh Fransiskus Asisi. Dia belajar filsafat dan teologi di Paris. Karena hasil studinya baik, dan hidupnya juga patut diteladani, dia dipilih menjadi minister jendral bagi Ordonya 9 x berturut-turut. Th 1273 dia diangkat menjadi uskup Albano dan Kardinal. Th 1274 beliau meninggal ketika menghadiri Konsili di Lyon - Perancis. 

 

Melalui Ef 3: 14-19 Paulus menyapa umatnya: "Sdr-2, aku sujud kepada Bapa, yang dariNya semua turunan yang di dalam sorga dan di atas bumi menerima namanya. Aku berdoa supaya Ia, menurut kekayaan kemuliaanNya, menguatkan dan meneguhkan kamu oleh RohNya di dalam batinmu, sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih. 

Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan semua orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah. 

 

Matius dalam injilnya (23: 8-12) mewartakan sabda Yesus: "Janganlah kamu disebut Rabi; karena hanya satu Rabimu dan kamu semua adalah saudara. Dan janganlah kamu menyebut siapapun bapa di bumi ini, karena hanya satu Bapamu, yaitu Dia yang di sorga. Janganlah pula kamu disebut pemimpin, karena hanya satu Pemimpinmu, yaitu Mesias. 

Barangsiapa terbesar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu. Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.

Hikmah yg dpt kita petik:

1. Sesuai dg rencanaNya, Allah memilih dan mengutus orang-orangNya (para utusanNya) utk mengalami sendiri dan mewartakan betapa dalam dan tingginya kasih Allah kpd manusia. 

St Bonaventura diutus utk menyatakan semua itu kpda para anggota ordonya dan kpd umatNya ketika dia menjadi uskup Albano, dan kepada para peserta Konsili Lyon. Semoga kita pun yakin dan percaya bhw Tuhan tetap mengutus orang-2Nya di banyak bidang kehidupan. Dan ternyata salah satu utusan Tuhan itu adalah sdr. 

2. Tuhan Yesus menegaskan bhw bukan gelar / popularitas / jabatan / pangkat / harta benda yg akan mberikan damai dan keselamatan kekal, tetapi Allah sendiri. Maka, janganlah menomorsatukan dan bersaing utk mendapatkan semua itu. Yg ada di dunia ini adalah sarana / alat bantu pelayanan dan persembahan diri agar kita makin dekat dg Allah dan sesama, dan bukan sebaliknya: saling bermusuhan dan mencelakakan. Amin. (Mgr Nico Adi MSC)

 

Komentar

Postingan Populer