PARA GEMBALA

 RENUNGAN HARIAN

TGL 7 DES 23

 

Hari ini kita memperingati 1 orwng kudus yaitu St. Ambrosius. Dia lahir di Jerman dari suatu keluarga kristen. Dia mendapatkan pendidikan yg baik dlm bahasa Latin, Yunani dan bidang hukum. Karena kepandaiannya, kaisar Valentinianus, mengangkat dia sbg Gubernur. Ketika uskup kota itu meninggal, terjadilah perselisihan antara umat kristen dg penganut aliran arianisme ttg siapa pengganti beliau. Tak disangka-sangka, Ambrosiuslah yg terpilih, padahal dia belum dibaptis. 

Maka, dia dibaptis dan menerima sakramen-2 yg diperlukan utk tahbisan uskup. Melalui ajarannya, dia berhasil melenyapkan ajaran bidaah arianisme (= ajaran yg menyatakan bhw Yesus adalah Anak Allah, sehingga Dia sedikit lebih rendah / tidak setara dg Allah). Ambrosius wafat th 397.

 

Dalam Ef 3: 8-12 Paulus menyapa umatnya: Sdr-2, kepadaku, orang yang paling hina di antara segala orang kudus, telah dianugerahkan kasih karunia ini, untuk memberitakan kepada orang-orang bukan Yahudi kekayaan Kristus, yang tidak terduga itu. Aku diutus untuk menyatakan apa isinya tugas penyelenggaraan rahasia yang telah berabad-abad tersembunyi dalam Allah, yang menciptakan segala sesuatu.  

Maksudnya adalah supaya sekarang oleh jemaat diberitahukan pelbagai ragam hikmat Allah kepada para pemerintah dan para penguasa di sorga, sesuai dengan maksud abadi, yang telah dilaksanakanNya dalam Kristus Yesus, Tuhan kita. Di dalam Dia kita beroleh keberanian dan jalan masuk kepada Allah dengan penuh kepercayaan oleh iman kita kepadaNya.  

 

Yohanes dalam injilnya (10: 11-16) mewartakan sabda Yesus: "Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya; sedangkan seorang upahan yang bukan gembala, dan yang bukan pemilik domba-domba itu sendiri, ketika melihat serigala datang, meninggalkan domba-domba itu. Ia lari, sehingga serigala itu menerkam dan mencerai beraikan domba-domba itu. Ia lari karena ia seorang upahan dan tidak memperhatikan domba-domba itu. 

Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-dombaKu dan domba-dombaKu mengenal Aku sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawaKu bagi domba-dombaKu. Ada lagi padaKu domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suaraKu dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.

Hikmah yg dpt kita petik:

1. Melalui umatNya, Allah memilih Ambrosius sbg uskup, padahal dia belum dibaptis. Maka, kepadanya diterimakan sakramen2 yg dibutuhkan utk menerima tahbisan uskup. 

Kalau Tuhan yg memilih, semuanya akan berjalan sesuai dg kehendakNya. Hendaknya kita yakin dan percaya akan jalan2 Tuhan yg istimewa itu. 

2. Yesus sbg gembala yg baik, tidak lari ketika srigala atau musuh, perampok atau binatang buas lainnya menyerang. Dia siap utk melindungi dan menyerahkan nyawa bagi domba-2Nya. 

Semoga pada masa skg pun, kita tetap mendapatkan gembala- gembala yg siap utk melindungi domba-2 dan berani menghadapi musuh. 

 

Semoga mrk juga dikuatkan dan dilindungi oleh Yesus, Gembala Agung mereka. Amin.

 

Komentar

Postingan Populer