CAARA YANG LUAR BIASA

 RENUNGAN HARIAN

TGL 1 DES 23

Hari ini kita memperingati 2 orang martir: Dionisius dan Redemptus. Dionisius lahir di Perancis th 1600, sdgkan Redemptus lahir di Portugis th 1598.Mereka semula profesional dalam bidang pelayaran dan kemiliteran, kemudian meninggalkan semuanya dan menjadi biarawan Karmelit. Mereka secara tuntas mempersembahkan diri mereka sbg maetir di Aceh. Mrk menumpahkan darah (dibunuh) karena iman pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Tani.

 

Melalui Gal 2: 19-20 Paulus menyapa umatnya: "Sdr-2, aku telah mati oleh hukum Taurat untuk hukum Taurat, supaya aku hidup untuk Allah. Aku telah disalibkan dengan Kristus; meski demikian, aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diriNya untuk aku.

 

Matius dalam injilnya (28: 16-20) mewartakan: "Pada waktu itu 11 murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka. Ketika melihat Dia mereka menyembahNya, tetapi beberapa orang ragu-ragu. Yesus mendekati mereka dan berkata: "KepadaKu telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Hikmah yg dpt kita petik: 

1. Mrk yg sudah profesional dalam karir di bidang pelayaran dan kemiliteran, tokh rela meninggalkan semua demi kehidupan dan keselamatan sdr/sdrinya, karena iman kpd Kristus dan ketaatan kpd pemimpin mereka. 

Iman kpd Kristus yg membuahkan ketaatan tetap dibutuhkan demi keselamatan sesama manusia. Semoga iman kita pun tumbuh dan menghasilkan tindakan yg membawa kebahagiaan hidup dan kedekatan dg Allah.

2. Rasul2 yg diutus Yesus pada waktu kenaikanNya ke surga (tahun 33) utk mewartakan injil dan membaptis orang, berjumlah 11 org. Jumlah umat mungkin 3.000 - 4.000 an sesudah Pentakosta pertama.

Th 2021 (versi google) jumlah umat yg percaya kepada Kristus (katolik dan protestan) sudah lebih dari 2 milyar, sedangkan jumlah para uskup (pengganti para rasul) 5.340 org. Itu berarti, dg cara yg luar biasa Tuhan telah menggembalakan umatNya, berkat kuasa Roh Kudus, shg jumlah umat dan uskup telah bertambah banyak. Semoga bukan hanya jumlahnya yg bertambah, tetapi juga kualitas pribadi dan pelayanan mrk di bidang masing-2 meningkat. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer