KESENANGAN

 RENUNGAN HARIAN

Tgl 11 AGUSTUS 2022

 

Hari ini kita memperingati satu orang kudus : St. Klara. Beliau lahir di Asisi - Italia th 1194. Meski anak org kaya, beliau tumbuh sbg gadis yg bersahaja. Ia tertarik pada cara hidup Fransiskus Asisi, yg meninggalkan hartanya karena ikut Yesus. 

 Bersama adiknya Agnes, dia  menerima jubah kasar dan hidup miskin sbg tanda kesungguhan hatinya utk ikut Yesus. Mrk tinggal di biara kecil San Damiano. Itulah permulaan dari serikat suster-suster miskin atau suster2 Klaris. St Klara meninggal tgl 11 Agustus 1253.

  

Paulus dalam Filipi 3:8-14 menyapa umatnya: "Sdr2, segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus. 

 Aku berada dalam Dia bukan dengan kebenaranku sendiri karena mentaati hukum Taurat, melainkan dengan kebenaran karena kepercayaan kepada Kristus, yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan kepercayaan.

 Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya, supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati.  Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena aku pun telah ditangkap oleh Kristus Yesus. 

 Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan. Aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku.  Aku berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.

  

Matius dalam Injilnya (19:27-29) mewartakan, pada waktu itu, Petrus bertanya kepada Yesus: “Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Engkau; jadi apakah yang akan kami peroleh?”

 Jawab Yesus: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada waktu penciptaan kembali, apabila Anak Manusia bersemayam di takhta kemuliaan-Nya, kamu, yang telah mengikut Aku, akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.

 Dan setiap orang yang karena nama-Ku meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, bapa atau ibunya, anak-anak atau ladangnya, akan menerima kembali 100 kali lipat dan akan memperoleh hidup yang kekal.

 Hikmah yang dapat kita petik:

 1.  Klara tertarik dg cara hidup Fransiskus Asisi yg meninggalkan harta kekayaannya demi Kristus, dg hidup miskin dan memakai jubah kasar.  

 Meninggalkan "kekayaan" ( = orgtua, harta benda, cara hidup sesuai jamannya) karena mengikuti Kristus, ternyata mungkin utk dijalani. Hidup dg cara baru tampaknya sulit dan aneh, tetapi ketika dijalani ternyata mungkin.  Meninggalkan "kesenangan" ( rokok, minuman tertentu, makanan, keinginan tertentu) dg motivasi kuat karena Kristus dan mrk yg dicintai, pasti bisa. 

 2.  Setiap org yang karena Kristus meninggalkan semuanya, akan mendapat 100x lipat. Janji Kristus itu bukan omong kosong. Telah terbukti berabad-abad lamanya bhw apa yg dikatakan itu benar.  Penulis juga mengalami punya banyak saudara/i, orgtua, kakak adik baik yg seiman mau pun yg tidak seiman karena mengikuti Yesus. Amin. (Mgr. Nico Adi MSC)

 

Komentar

Postingan Populer