DIAKUI ATAU TIDAK

 RENUNGAN HARIAN

TGL 23 FEBR 22

  

Hari ini kita memperingati 1 orang kudus: st. Polikarpus - uskup dan martir.  Dia adalah salah satu Bp Apostolik, dan secara khusus menjadi murid Rasul Yohanes.  St Ignasius dr Antiokia, dlm perjalanannya ke Roma pernah bertemu Polikarpus. Dia memberikan kesaksian bhw Polikarpus adalah gembala umat yg luar biasa baik dan pejuang Kristus yg tangguh. 

 Polikarpus menolak perintah penguasa yg memaksa dia utk meninggalkan imannya. Kepada kaisar, dia menjawab: "86th aku mengabdi Kristus dan tak pernah Dia menyusahkan aku. Apakah kalian kira aku akan mengkhianati Dia?".  Polikarpus wafat sbg martir th 155. 

 

Yohanes dalam Why 2: 8-11 menyatakan: "Aku, Yohanes, mendengar suatu suara: "Tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna: Inilah firman dari Yang Awal dan Yang Akhir, yang telah mati dan hidup kembali: Aku tahu kesusahanmu dan kemiskinanmu, namun engkau kaya.  Aku tahu fitnah mereka, yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian: sebaliknya mereka adalah jemaah Iblis. 

 Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu ke dalam penjara supaya kamu dicobai dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari. 

 Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, ia tidak akan menderita apa-apa oleh kematian yang kedua."  

  

Dalam  injilnya (Yoh 15: 18-21) Yohanes mewartakan sabda Yesus:  "Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu. Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya.  Kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itu dunia membenci kamu. 

 Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firmanKu, mereka juga akan menuruti perkataanmu. 

 Semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena namaKu, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku.

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Ignasius memberikan kesaksian bhw Polikarpus adalah gembala umat yg luar biasa dan pejuang Kristus yg tangguh (= menolak perintah kaisar utk menyangkal imannya).  Orang lain (= sesama kita) akan mberikan kesaksian ttg  baik tidaknya hidup seseorang. 

 Entah akan diakui org atau tidak, hendaknya mulai skg kita / sdr tetap melakukan apa yg baik dan berguna bagi sesama. 

 2. Yesus menegaskan: "Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku". Maka jangan kaget, sebab dibenci karena kebenaran adalah bagian dr tugas perutusan. 

 Mrk yg setia akan mendapat mahkota kehidupan (= hidup kekal di surga bersama Allah). Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer