TANDA-TANDA

 RENUNGAN HARIAN

TGL 25 JAN 22

 Hari ini kita merayakan pesta bertobatnya st Paulus - Rasul. Saulus yg masih muda dan telah mengikuti pendidikan yg ketat dalam ketaatan kepada Taurat Musa, telah menjadikan dia org Farisi yg tidak kenal kompromi. Ajaran yg tidak sesuai dengan Taurat dilawan dan pengikut2nya dianiaya dan dibunuh. 

 Itulah sebabnya  dia minta surat sakti kepada Imam Besar dan Penguasa Negeri agar bisa menangkap para pengikut Kristus yg dia pandang sbg pengkhianat agama nenek moyang di mana pun mrk bersembunyi. Dia akhinya "ditangkap Kristus" dan menjadi saksi kebangkitanNya kepada bangsa2 bukan Yahudi. Namanya diubah menjadi Paulus. 

  

Dalam Kis 22: 3-16 dikisahkan Paulus membela diri di hadapan orang-orang Yahudi: "Aku adalah orang Yahudi, lahir di Tarsus di tanah Kilikia, tetapi dibesarkan di kota ini. Aku dididik dengan teliti di bawah pimpinan Gamaliel dalam hukum nenek moyang kita, sehingga aku menjadi seorang yang giat bekerja bagi Allah sama seperti kamu semua pada waktu ini. 

 Dan aku telah menganiaya para pengikut Jalan Tuhan sampai mereka mati; laki-laki dan perempuan kutangkap dan kuserahkan ke dalam penjara. Tentang hal itu baik Imam Besar maupun Majelis Tua-Tua dapat memberi kesaksian.  Dari mereka aku telah membawa surat-surat untuk saudara-saudara di Damsyik dan aku telah pergi ke sana untuk menangkap penganut-penganut Jalan Tuhan, yang terdapat juga di situ dan membawa mereka ke Yerusalem untuk dihukum. 

 Tetapi dalam perjalananku ke sana, ketika aku sudah dekat Damsyik, yaitu waktu tengah hari, tiba-tiba memancarlah cahaya yang menyilaukan dari langit mengelilingi aku. Maka rebahlah aku ke tanah dan aku mendengar suatu suara yang berkata kepadaku: Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya Aku? Jawabku: Siapakah Engkau, Tuhan? KataNya: Akulah Yesus, orang Nazaret, yang kauaniaya itu. 

 Mereka yang menyertai aku, memang melihat cahaya itu, tetapi suara Dia, yang berkata kepadaku, tidak mereka dengar. Maka kataku: Tuhan, apakah yang harus kuperbuat? Kata Tuhan kepadaku: Bangkitlah dan pergilah ke Damsyik. Di sana akan diberitahukan kepadamu segala sesuatu yang ditugaskan kepadamu. 

 Karena aku tidak dapat melihat akibat dari cahaya yang menyilaukan mata itu,  kawan-kawan seperjalananku memegang tanganku dan menuntun aku ke Damsyik. Di situ ada seorang bernama Ananias, seorang saleh yang menurut hukum Taurat dan terkenal baik di antara semua orang Yahudi yang ada di situ. 

 Dia datang berdiri di dekatku dan berkata: Saulus, saudaraku, bukalah matamu dan melihatlah! Dan seketika itu juga aku melihat kembali dan menatap dia. Lalu katanya: Allah nenek moyang kita telah menetapkan engkau untuk mengetahui kehendakNya, untuk melihat Yang Benar dan untuk mendengar suara yang keluar dari mulutNya. 

 Engkau harus menjadi saksiNya terhadap semua orang tentang apa yang kaulihat dan yang kaudengar. Sekarang, mengapa engkau masih ragu-ragu? Bangunlah, berilah dirimu dibaptis dan dosa-dosamu disucikan sambil berseru kepada nama Tuhan!  

 

Markus dalam injilnya (Mrk 16: 15-18) mewartakan  Yesus berbicara kpd para muridNya: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. 

 Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi namaKu, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh."

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Paulus : org yg telah dibina utk menjadi org Farisi sejati, dan telah menganiaya jemaat, karena Tuhan menghendaki telah menjadi rasulNya yg luar biasa. Malahan dia adalah rasul besar bagi bangsa2 bukan Yahudi. 

 Pada jaman skg pun banyak org non kristen yg dulu benci kemudian menjadi pewarta kabar ttg Kristus. Semoga makin banyak org yg mengalami kasih Kristus itu, dan memberikan teladan hidup yg terpuji.  Sedangkan yg sudah kristen / katolik hidupnya lebih mencerminkan diri sbg pribadi2 yg telah dibaharui dan hidup dg penuh damai bersama dg sesama. 

 2. Yesus menegaskan: 

"Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan, berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru, memegang ular dll". 

 Tanda2 itu diberikan bukan utk kesombongan atau mencari keuntungan pribadi / kedudukan / kekayaan tetapi tanda kepercayaan Allah dan bhw Allah mencintai manusia. Maka, org2 kepercayaan itu hendaknya selalu berusaha utk melayakkan diri dg tugas mulia itu. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer