AGENDA PRIBADI ... NO

 RENUNGAN HARIAN

TGL 21 MARET 24 

 

Dalam Kej 17: 3-9 dikisahkan: "Ketika itu, Allah menampakkan Diri kepada Abraham. Lalu sujudlah Abram, dan Allah berfirman kepadanya: "Dari pihakKu, inilah perjanjianKu dengan engkau: Engkau akan menjadi bapa sejumlah besar bangsa. Karena itu namamu bukan lagi Abram, melainkan Abraham, karena engkau telah Kutetapkan menjadi bapa sejumlah besar bangsa. Aku akan membuat engkau beranak cucu sangat banyak. Engkau akan Kubuat menjadi bangsa-bangsa, dan darimu akan berasal raja-raja. 

Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu. Kepadamu dan  keturunanmu akan Kuberikan negeri ini yang kaudiami sebagai orang asing, yakni seluruh tanah Kanaan akan Kuberikan menjadi milikmu untuk selama-lamanya; dan Aku akan menjadi Allah mereka." Lagi firman Allah kepada Abraham: "Dari pihakmu, engkau harus memegang perjanjianKu, engkau dan keturunanmu turun temurun.  

 

Yohanes dalam injilnya (8: 51-59) mewartakan sabda Yesus kepada orang-2 Yahudi: "Sesungguhnya barangsiapa menuruti firmanKu, ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya." Kata orang-orang Yahudi kepadaNya: "Sekarang kami tahu, bahwa Engkau kerasukan setan, sebab Abraham telah mati dan demikian juga para nabi, namun Engkau berkata: Barangsiapa menuruti firmanKu, ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya. 

Adakah Engkau lebih besar dari pada bapa kita Abraham, yang telah mati! Para nabipun telah mati; dengan siapakah Engkau samakan diriMu?" Jawab Yesus: "Jikalau Aku memuliakan diriKu sendiri, kemuliaanKu itu sedikitpun tidak ada artinya. BapaKulah yang memuliakan Aku, tentang siapa kamu berkata: Dia adalah Allah kami, padahal kamu tidak mengenal Dia, tetapi Aku mengenal Dia. Dan jika Aku berkata: Aku tidak mengenal Dia, Aku adalah pendusta, sama seperti kamu, tetapi Aku mengenal Dia dan Aku menuruti firmanNya. Abraham bapamu bersukacita bahwa ia akan melihat hariKu dan ia telah melihatnya dan ia bersukacita." 

Maka kata orang-orang Yahudi itu: "UmurMu belum sampai lima puluh tahun dan Engkau telah melihat Abraham?" Kata Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada." Lalu mereka mengambil batu untuk melempari Dia, tetapi Yesus menghilang dan meninggalkan Bait Allah.

Hikmah yg dpt kita petik:

1.  Dinyatakan dg jelas bhw Allah menyatakan Diri kpd manusia, yg diwakili oleh Abraham. Tujuannya adalah umat manusia sbg keturunan Abraham mendapatkan keselamatan. Caranya adalah setia dan taat pada perjanjian dg Allah, dan melaksanakan perjanjian itu secara turun-temurun. 

Hendaknya umat manusia taat dan setia pada perjanjian apa pun bentuknya baik kepada Tuhan, maupun kepada sesama. 

2.  Yesus berkata benar bhw Dia diutus BapaNya dan melaksanakan kehendak BapaNya. Dia tidak punya agenda utk diriNya sendiri. 

Hendaknya kita pun ketika diutus baik oleh pribadi, lingkungan, paroki, komunitas atau lembaga apa pun, tidak memasukkan agenda pribadi. Semoga kita melakukan semuanya dg hati yg murni dan tulus. AMIN. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer