HAMPIR KOSONG

PARA PEMBACA YANG BUDIMAN

Bulan November ini termasuk bulan yang punya amat banyak pesta orang kudus. Sebetulnya saya bisa mendapatkan banyak inspirasi di dalamnya. Tanggal 1 November dirayakan sebagai Hari Raya Semua Orang Kudus.  Ada banyak orang kudus yang namanya disebut dalam kalender liturgi. Ada banyak orang kudus yang namanya dipakai sebagai nama pelindung saat seseorang itu dibaptis atau menerima sakramen krisma. Saya memakai nama Nicholaus sebagai nama baptis, dan Gregorius sebagai nama krisma. Kedua nama itu dipilihkan oleh kedua orangtua saya. 

Menurut keyakinan saya, orang kudus jumlahnya jauh lebih banyak daripada yang terdaftar atau yang disebut namanya dalam kalender liturgi. Mengapa demikian ?  Ada banyak orang kudus yang hidupnya bekenan kepada Allah dan sesama, namun tidak dikenal. Mereka tidak diketahui berasal dari bangsa mana, tinggal di negara mana karena komunikasi dengan mereka tidak ada. Tidak ada riwayat hidup yang bisa ditelurusi.  Mereka meninggal dalam kedamaian dan hidup berbahagia bersama Allah, baik sebelum Kristus lahir  maupun sesudah Kristus. Juga mereka yang tidak mengenal Kristus, sebagaimana kita kenal, tidak pernah diproses untuk digelari orang kudus.  Namun karena kemahakuasaan, kemahabijaksaan dan kemahamurahan Allah jauh mengatasi kekuasaan, kebijaksanaan dan kemurahan manusia, Allah telah mengangkat mereka dan memasukkan mereka ke dalam kebahagiaan sempurna bersama-Nya 

Tanggal 2 November merupakan hari arwah semua orang beriman. Umat katolik menerima pengajaran bahwa hidup hanyalah diubah bukannya dilenyapkan. Mereka tetap hidup di dunia yang baru, dan akan menerima ganjaran sesuai dengan apa yang telah mereka perbuat selama hidup di dunia ini. Para arwah baik yang kita kenal maupun yang tidak, kita doakan agar mereka mendapat pengampunan atas dosa-dosa mereka, dan kemudian dapat hidup berbahagia bersama Allah. 

Tanggal 4 November adalah peringatan st. Carolus Boromeus, seorang uskup yang peduli pada pendidikan, khususnya pendidikan para imam. Ia mendirikan sekolah-sekolah minggu, dan sarana-sarana pembinaan iman umat. Ia juga memperhatikan kesehatan umat yang dipercayakan kepadanya. Karena itu, di Indonesia ada 2 rumah sakit yang menggunakan nama beliau sebagai nama pelindung, yaitu RS. St Carolus Jakarta, dan RS Boromeus - Bandung. 

Tanggal 9 peringatan pemberkatan Basilika st. Yohanes Lateran. Gereja besar ini dibangun oleh Kaisar Konstantin Agung ( putra .st. Helena ) tahun 324, setelah Kaisar menetapkan bahwa agama katolik adalah agama negara. Sebagai nama pelindungnya, dipakai nama Yohanes Lateran. Gereja ini adalah Gereja Katedral bagi Uskup Roma.  Di Roma, Paus adalah Uskup Roma. maka, katedral Roma ini adalah Induk dari gereja katolik seluruh dunia. 

Kita masih bisa menyebut sekian hari penting gerejani pada bulan November ini, namun meski bulan yang istimewa ini hampir lewat, saya belum menulis apa pun. Maka, saya memberi judul tulisan ini: HAMPIR KOSONG.  Terdorong oleh semangat menulis yang naik turun, saya berusaha menyapa anda meski hanya dengan  beberapa potong kalimat. 

Moga-moga meski hampir kosong.... anda menemukan satu dua butir penting dari peringatan atau perayaan para kudus pada bulan ini. Saya harap bukan hanya melalui tulisan ini, tetapi terlebih karena anda juga mempunyai kesempatan untuk menyapa para kudus yang menjadi pelindung anda. Setidak-tidaknya dengan membaca tulisan ini... anda diingatkan kembali bahwa Tuhan itu mahamurah, dan kemurahan-Nya jauh melebihi apa yang dipikirkan dan dilakukan oleh manusia. 

Komentar

Postingan Populer