PARA PENDERITA

 RENUNGAN HARIAN

TGL 21 JUNI 24

 

Hari ini kita memperingati 1 orang kudus yaitu st. Aloysius Gonzaga. Dia yg lahir th 1568 adalah seorang biarawan Yesuit yg mengabdikan dirinya sbg pelayan orang2 yg terkena penyakit pes. Dia sendiri meninggal pada usia yg masih amat muda karena menderita penyakit itu th 1591. 

 

Melalui 1Yoh 5: 1-5 Yohanes menyapa umatnya: "Sdr-2, setiap orang yang percaya, bahwa Yesus adalah Kristus, lahir dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi Dia yang melahirkan, mengasihi juga Dia yang lahir dari Allah. Inilah tandanya, bahwa kita mengasihi anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah serta melakukan perintah-perintahNya. 

Inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintahNya. Perintah-perintahNya itu tidak berat, sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita. Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah? 

 

Matius dalam injilnya (22: 34-40) mewartakan: "Ketika orang-orang Farisi mendengar, bahwa Yesus telah membungkam orang-orang Saduki itu, berkumpullah mereka dan seorang dari mereka, yaitu seorang ahli Taurat, bertanya untuk mencobai Dia: "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?" 

Jawab Yesus: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada dua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

Hikmah yg dpt kita petik:

1. Karena iman dan kasihnya, Aloysius rela mengabdikan dirinya utk melayani para penderita penyakit pes yg pada waktu itu belum / tidak ada obatnya. 

Dia melihat dan mengalami bhw dalam diri para penderita itu Yesus menghadirkan diriNya. Dg melayani mereka, dia melayani Yesus sendiri. Semoga kita juga mau dan siap utk melayani org2 sakit di rumah sendiri atau sekitar kita / di komunitas kita masing-2. 

2. Yesus dg jelas dan tegas menyebut 2 perintah Allah yg utama. Seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi pun tergantung pd hukum ini. 

Maka, kita tidak perlu mencari-cari hukum lain utk membenarkan kesalahan / kekurangan kita. AMIN. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer