MEMBERSIHKAN RUMAH

 RENUNGAN HARIAN

TGL 10 APRIL 24

 

HARI INI ADALAH HARI PERTAMA IDHUL FITRI BAGI SDR-SDRI KITA UMAT MUSLIM. SSMOGA MEREKA MENERIMA BERKAT ALLAH YG MAHA MURAH DAN MAHA BIJAKSANA YG MENYELAMI HATI SETIAP ORANG. 

 

Dalam Kis 5: 17-26 dikisahkan: "Pada waktu itu, mulailah Imam Besar dan para pengikutnya, yaitu orang-orang dari mazhab Saduki, bertindak sebab mereka sangat iri hati. Mereka menangkap Petrus dan Yohanes, lalu memasukkan mereka ke dalam penjara kota. Meski demikian, waktu malam seorang malaikat Tuhan membuka pintu-pintu penjara itu dan membawa mereka ke luar. 

Ia berkata: "Pergilah, berdirilah di Bait Allah dan beritakanlah seluruh firman hidup itu kepada orang banyak." Mereka mentaati pesan itu, dan menjelang pagi masuklah mereka ke dalam Bait Allah, lalu mulai mengajar di situ. Sementara itu Imam Besar dan para pengikutnya menyuruh Mahkamah Agama berkumpul, yaitu seluruh majelis tua-tua bangsa Israel, dan mereka menyuruh mengambil dua rasul itu dari penjara. 

Ketika datang ke penjara, para pejabat itu tidak menemukan 2 rasul itu di situ. Lalu mereka kembali dan memberitahukan: "Kami mendapati penjara terkunci dengan sangat rapihnya dan semua pengawal ada di tempatnya di muka pintu, tetapi setelah kami membukanya, tidak seorangpun yang kami temukan di dalamnya." 

Ketika kepala pengawal Bait Allah dan para imam kepala mendengar laporan itu, mereka cemas dan bertanya apa yang telah terjadi dengan rasul-rasul itu. Lalu datanglah seorang dan mendapatkan mereka dengan kabar: "Lihat, orang-orang yang telah kamu masukkan ke dalam penjara, ada di dalam Bait Allah dan mereka mengajar orang banyak." Maka pergilah kepala pengawal serta orang-orangnya ke Bait Allah, lalu mengambil dua rasul itu, tetapi tidak dengan kekerasan, karena mereka takut, kalau-kalau orang banyak melempari mereka dg batu. 

 

Yohanes dalam injilnya (3: 16-21) mewartakan sabda Yesus kpd para muridNya: "Begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Allah mengutus AnakNya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia. 

Barangsiapa percaya kepadaNya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah. Dan inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat. 

Barangsiapa berbuat jahat, membenci terang dan tidak datang kepada terang itu, supaya perbuatan-perbuatannya yang jahat itu tidak nampak. Sebaliknya, barangsiapa melakukan yang benar, ia datang kepada terang, supaya menjadi nyata, bahwa perbuatan-perbuatannya dilakukan dalam Allah."

Hikmah yg dpt kita petik: 

1.  Allah berkuasa membebaskan 2 rasul yg memberikan kesaksian ttg kebangkitan Kristus dg cara yg luar biasa dan tidak terduga. 

Dia pun dpt melakukan hal-2 yg mengagumkan dalam diri para utusanNya pada masa skg. Semoga kita percaya akan hal itu dan siap utk menjadi utusanNya. 

2.  Yesus menegaskan siapa yg melakukan apa yg benar, ia datang kpd Terang dan hidup di dalam Allah. 

Apa yg benar tidak usah yg muluk-muluk, yg bisa diviralkan dan populer. Membersihkan rumah, menyapa sesama, datang tepat waktu, menyatakan apa adanya, adalah contoh-2 dari tindakan yg benar. Hendaknya kita melakukannya dg gembira dan tulus. AMIN. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer