ISI KITAB SUCI

 RENUNGAN HARIAN

TGL 14 APRIL 24

 

Dalam Kis 3: 13-15.17-19 dikisahkan: "Sdr-2, Allah Abraham, Ishak dan Yakub, Allah nenek moyang kita telah memuliakan HambaNya, yaitu Yesus yang kamu serahkan dan tolak di depan Pilatus, walaupun Pilatus berpendapat, bahwa Ia harus dilepaskan. Sebaliknya, kamu telah menolak Yang Kudus dan Benar, serta menghendaki seorang pembunuh sebagai hadiahmu. Demikianlah Ia, Pemimpin kepada hidup, telah kamu bunuh, tetapi Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati; dan tentang hal itu kami adalah saksi.  

Hai saudara-saudara, aku tahu bahwa kamu telah berbuat demikian karena ketidaktahuan, sama seperti semua pemimpin kamu. Dengan jalan demikian Allah telah menggenapi apa yang telah difirmankanNya dahulu dengan perantaraan para nabiNya, yaitu bahwa Mesias yang diutusNya harus menderita. Maka, sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan. 

 

Yohanes melalui 1Yoh 2: 1-5 menyapa umatnya: "Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil. Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia. 

Dan inilah tandanya, bahwa kita mengenal Allah, yaitu jikalau kita menuruti perintah-perintahNya. Barangsiapa berkata: Aku mengenal Dia, tetapi ia tidak menuruti perintahNya, ia adalah seorang pendusta dan di dalamnya tidak ada kebenaran. Barangsiapa menuruti firmanNya, di dalam orang itu kasih Alah sungguh sudah sempurna. 

 

Lukas dalam injilnya (24: 35-48) mewartakan: "Ketika itu, dua murid yg kembali dari Emaus menceriterakan apa yang terjadi di tengah jalan dan bagaimana mereka mengenal Dia pada waktu Ia memecah-mecahkan roti. Dan sementara mereka bercakap-cakap tentang hal-hal itu, Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!" Mereka terkejut dan takut dan menyangka bahwa mereka melihat hantu. 

Lalu Ia berkata: "Mengapa kamu terkejut dan apa sebabnya timbul keragu-raguan di dalam hati kamu? Lihatlah tanganKu dan kakiKu: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada padaKu." Sambil berkata demikian, Ia memperlihatkan tangan dan kakiNya kepada mereka. 

Dan ketika mereka belum percaya karena girangnya dan masih heran, berkatalah Ia: "Adakah padamu makanan di sini?" Lalu mereka memberikan kepadaNya sepotong ikan goreng. Ia mengambilnya dan memakannya di depan mata mereka. Ia berkata lagi: "Inilah perkataanKu, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur." Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci. 

KataNya kepada mereka: "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam namaNya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Kamu adalah saksi dari semuanya ini.

Hikmah yg dpt kita petik:

1.  Para rasul tak henti-hentinya memberikan kesaksian ttg kebangkitan Kristus dan menjelaskan apa yg harus dilakukan agar memperoleh keselamatan. Jalan yg mrk tunjukkan adalah menyadari kekeliruan mereka dan bertobat. 

Hendaknya kita memberikan kesaksian hidup dan menyadari bahwa menunjukkan jalan keselamatan kpd sesama, secara terus-menerus sungguh amat penting utk dilakukan. 

2.  Dg pelbagai cara, Yesus menerangkan kpd para muridNya agar mrk mengerti isi kitab suci. 

Dia memberikan teladan bhw agar umat mendapatkan keselamatan yg diwartakan adalah isi kitab suci, dan bukan harta kekayaan atau popularitas pribadi. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer