NAFSU KUASA

 RENUNGAN HARIAN

TGL 22 FEBR 24

 

Hari ini kita merayakan pesta Tahta St. Petrus.

Melalui 1Ptr 5: 1-4 rasul Petrus menyapa umatnya: "Sdr-2, aku menasihati para penatua di antara kamu, aku sebagai teman penatua dan saksi penderitaan Kristus, yang juga akan mendapat bagian dalam kemuliaan yang akan dinyatakan kelak. Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan karena terpaksa tetapi dg sukarela, sesuai dg kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri. 

Janganlah kamu berbuat seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi dg sukarela, sesuai dg kehendak Allalh. Maka, apabila Gembala Agung datang, kamu akan menerima mahkota kemuliaan yang tidak dapat layu.  

 

Matius dalam injilnya (16: 13-19) mewartakan: "Setelah tiba di daerah Kaisarea Filipi, Yesus bertanya kepada para muridNya: "Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?" Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi." 

Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Menurut kamu, siapakah Aku ini?" Maka  jawab Simon Petrus: Engkau adalah Mesias,  Anak Allah yg hidup". Kata Yesus: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan BapaKu yang di sorga. Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaatKu dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."

Hikmah yg dpt kita petik:

1.  Rasul Petrus begitu yakin akan pahala yg akan diberikan Allah kpd org-2 yg dg setia melayani / mengembalakan domba-2 (anak-anak kandung, anggota keluarga, murid-2, anak asuh, umat Allah, karyawan dll). 

Yg memberikan penegasan itu adalah org kepercayaan Yesus. Maka, hendaknya kita tidak ragu-2 dan dg setia melayani org2 yg dipercayakan Tuhan kpd kita. 

2.  Petrus ditunjuk dan diangkat Yesus secara langsung utk memimpin umatNya. Kepercayaan itu pada masa kini dipercayakan / diserahkan kpd pengganti Petrus yaitu Paus Fransiskus. 

Marilah kita mohon agar kita semua diberkati dan dibebaskan dr ikatan napsu kuasa, rakus harta, dosa dan ikatan2 lainnya yg membuat hidup kita tidak damai. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer