JAMINAN

 RENUNGAN HARIAN

TGL 6 FEBR 24

 

Hari ini kita memperingati para martir dari Jepang yaitu St. PAULUS MIKI dkk. Paulus lahir th 1565, dan masuk Serikat Yesus. Dia mewartakan injil dg hasil yg baik. Th 1597 muncullah penganiayaan terhadap org2 katolik. Mrk disiksa, disayat, dan dipaksa utk keliling kota spy dipertontonkan kpd seluruh rakyat. Mrk disalibkan di pinggir kota Nagasaki. Dari salib, Paulus tetap menyemangati sdr-2nya hingga mati bagi Kristus.  

 

Melalui Gal 2: 19-20 Paulus menyapa umatnya: "Sdr-2, aku telah mati oleh hukum Taurat untuk hukum Taurat, supaya aku hidup untuk Allah. Aku telah disalibkan dengan Kristus. Skg aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diriNya untuk aku. 

 

Matius dalam injilnya (28: 16-20) mewartakan: "Ketika itu, 11 murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka. Ketika melihat Dia mereka menyembahNya, tetapi beberapa orang ragu-ragu. Yesus mendekati mereka dan berkata: "KepadaKu telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Hikmah yg dpt kita petik: 

1.  Paulus Miki meski dirinya terluka dan digantung pada kayu salib, tetap menyemangati sdr-2nya. Derita yg dialaminya, tidak membuat dia putus asa, tetapi menjadi alasan  bagi dia tetap setia dan mempertahankan imannya. Semoga kita pun berani untuk bertindak demikian. 

2.  Yesus mengutus para muridNya dan memberikan kuasa kpd mrk utk menyembuhkan org2 sakit dan mengusir setan-2.  

Hendaknya kita pun meneladan Yesus, yaitu ketika mengutus orang haruslah memberikan jaminan dan bekal yg memadai. AMIN. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer