TUNTUNAN KECIL

 RENUNGAN HARIAN

TGL 16 DES 22

 

Dalam Yes 56: 1-3a.6-8 dikisahkan beginilah firman TUHAN: "Taatilah hukum dan tegakkanlah keadilan, sebab sebentar lagi akan datang keselamatan yang berasal dariKu, dan keadilanKu akan dinyatakan. Berbahagialah orang yang melakukannya, dan anak manusia yang berpegang padanya: yang memelihara hari Sabat dan tidak menajiskannya, dan yang menahan diri dari setiap perbuatan jahat. Janganlah orang asing yang menggabungkan diri kepada TUHAN berkata: "Sudah tentu TUHAN hendak memisahkan aku dari umatNya". 

 Orang-orang asing yang menggabungkan diri kepada TUHAN untuk melayani Dia, untuk mengasihi nama TUHAN dan untuk menjadi hamba-hambaNya, semuanya yang memelihara hari Sabat dan tidak menajiskannya, dan mrk yang berpegang kepada perjanjianKu, akan Kubawa ke gunungKu yang kudus dan akan Kuberi kesukaan di rumah doaKu. 

 Aku akan berkenan kepada korban-korban bakaran dan korban-korban sembelihan mereka yang dipersembahkan di atas mezbahKu, sebab rumahKu akan disebut rumah doa bagi segala bangsa.  Demikianlah firman Tuhan ALLAH yang menghimpun orang-orang Israel yang terbuang: Aku akan menghimpunkan orang sebagai tambahan kepada orang-orangnya yang telah terhimpun."  

 

Yohanes dalam injilnya (5: 33-36) mewartakan sabda Yesus kpd orang banyak: "Kamu telah mengirim utusan kepada Yohanes dan ia telah bersaksi tentang kebenaran.  Aku tidak memerlukan kesaksian dari manusia, namun Aku mengatakan hal ini, supaya kamu diselamatkan. Dia adalah pelita yang menyala dan yang bercahaya dan kamu hanya mau menikmati seketika saja cahayanya itu. 

 Aku mempunyai suatu kesaksian yang lebih penting dari pada kesaksian Yohanes, yaitu segala pekerjaan yang diserahkan Bapa kepadaKu, supaya Aku melaksanakannya. Pekerjaan itu juga yang Kukerjakan sekarang, dan itulah yang memberi kesaksian tentang Aku, bahwa Bapa yang mengutus Aku.

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1.  Tuhan bersabda bahwa mrk yg taat pada hukum Allah dan melakukan keadilan  baik bangsa Yahudi maupun bangsa2 asing, berkenan kepadaNya. Lebih istimewa lagi Allah menegaskan: "Mrk akan Kubawa ke gunungKu yang kudus dan akan Kuberi kesukaan di rumah doaKu. Aku akan berkenan kepada korban bakaran dan korban sembelihan mereka yang dipersembahkan di atas mezbahKu, sebab rumahKu akan disebut rumah doa bagi segala bangsa. 

 Tuhan membuka hati bagi segala bangsa. Maka, hendaknya kita menyambut tawaran Allah itu - pada masa adven ini - dg hormat, penuh rasa syukur, sungguh2 dan sukacita, melalui tindakan kasih, dan pembaharuan hidup. 

 

2.  Yesus menegur orang banyak: "Yohanes adalah pelita yang menyala dan yang bercahaya, namun kamu hanya mau menikmati seketika saja cahayanya itu".

 Klo Yohanes sebagai pelita pembuka / pintu pembaharu dan petunjuk jalan,  mereka tinggalkan, disepelekan atau ditolak, bagaimana mungkin mereka akan sampai ke Pelita yang sesungguhnya.  Hendaknya kita berani menjalani tuntunan / penerangan kecil  (= tanda kerendahan hati dan sadar akan keterbatasan diri) sehingga mau dituntun utk menuju ke Pelita Besar (Yesus ). Tuhan sering hadir dan menuntun org melewati jalan kecil dan sempit, spy kita menjadi org2 yg sungguh beriman dan tahan banting. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer