SIAP

 RENUNGAN HARIAN

TGL 1 DES 22

 Hari ini kita memperingati 2 orang kudus: beato Dionisius dan Redemptus. Dionisius lahir di Perancis, tgl 12 Des 1600. Ia anak seorang dokter yg sekaligus nahkoda kapal. Dia bertumbuh dalam kerendahan hati, iman yg teguh dan kerelaan utk berkorban. Dia adalah imam ordo karmel, ditahbiskan th 1637. 

 Br Redemptus adalah mantan serdadu Portugis yg ditugaskan di Goa. Ia lahir dari keluarga petani miskin yg berpegang teguh pada tradisi kristiani. Dia adalah anggota ordo karmel.  Mereka berdua diutus ke Aceh. Mereka dibunuh oleh tentara kerajaan Aceh pada zaman Sultan Iskandar Tani th 1638. Mereka dieatifikasi Paus Leo XIII th 1900. 

 

Dalam Gal 2: 19-20, Paulus menyapa umatnya: "Sdr2, aku telah mati oleh hukum Taurat untuk hukum Taurat, supaya aku hidup untuk Allah. Aku telah disalibkan dengan Kristus; namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku.  Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diriNya untuk aku. 

  

Dalam injilnya ( 28: 16-20) Matius mewartakan:"Pada waktu itu, 11 murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka. Ketika melihat Dia mereka menyembahNya, tetapi beberapa orang ragu-ragu. 

 Yesus mendekati mereka dan berkata: "KepadaKu telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Dionisius dan Redemptus adalah 2 orang kudus yg berasal dari Eropa (=Perancis dan Portugal) dan dibunuh di Aceh - Indonesia. Mereka baru saja menginjak kaki mereka di tanah air Indonesia, namun dituduh sbg orang2 yg merusak iman masyarakat setempat, karena beragama non islam. 

 Mrk sbg orang asing berani pergi jauh dari negara mereka dan mau berkorban demi iman kpd Kristus. Bgmn dg kita pada jaman skg ini ?  Apa yg telah kita persembahkan kpd Kristus dan umatNya ? 

 2.  Diwartakan Matius dalam injilnya: "11 murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka. Ketika melihat Dia mereka menyembahNya, tetapi beberapa orang ragu-ragu."

 Bgmn dg kita ?  Apakah masih tetap ragu2 akan Dia meski telah dibaptis, menerima komuni, mendapat peneguhan lewat sakramen krisma ?  Hendaknya sdr segera dan berani memutuskan utk siap menjadi saksi Kristus bagi keluarga / komunitas / lingkungan sdr. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer