MENJADI MURID

 RENUNGAN HARIAN

TGL 20 SEPT 2022

 

Hari ini kita memperingati para martir dari Korea: st. Andreas Kim Taegon dan Paulus Chong Ha-sang. Gereja Korea sebenarnya dirintis oleh seorang awam yg baru pulang dr Beijing.  50 th kemudian para misionaris dari Perancis melayani umat yg telah dikembangkan oleh kaum awam. 

 Iman yg dikembangkan oleh kaum awam itu benar2 hidup dan mengakar di hati umat.  Mrk begitu setia menjadi pengikut Kristus meski disiksa dan dibunuh. Di antara mereka yg dibunuh itu adalah Pastor Andreas Kim Taegon dan seorang awam Paulus Chong Ha-sang. Perkembangan Gereja di Korea bukan melulu tergantung pada para uskup dan imam, tetapi para semangat dan iman kaum awam. 

 

Paulus dalam Gal 2: 19-20 menyapa umatnya: "Sdr2, aku telah mati oleh hukum Taurat untuk hukum Taurat, supaya aku hidup untuk Allah. Aku telah disalibkan dengan Kristus; namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku.  Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diriNya untuk aku. 

  

Matius dalam injilnya (28: 16-20) mewartakan: "Pada waktu itu  kesebelas murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka. Ketika melihat Dia mereka menyembahNya, tetapi beberapa orang ragu-ragu. 

 Yesus mendekati mereka dan berkata: "KepadaKu telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." 

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Iman yg dihidupi dan dikembangkan oleh kaum awam itu, benar2 hidup dan mengakar di hati umat..

 Ternyata anugerah sbg pewarta dan saksi iman bukan hanya diberikan Allah kepada kaum berjubah.  Kaum awam bisa punya peranan penting utk mengajar / meneguhkan dan menghantar umat kpd Allah.  Hendaknya kita memberikan dorongan / peneguhan kpd kaum awam agar mrk tidak ragu2 utk menjadi pelayan Tuhan / saksi Kristus. 

 2.  Diwartakan oleh Matius peristiwa ini: "Yesus mendekati para muridNya dan berkata: "KepadaKu telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus".

 Dg kuasa penuh Yesus mempercayakan tugas besar kepada para rasul, yaitu menjadikan semua bangsa menjadi murid-Nya, bukan utk memperkaya diri sendiri, atau mencari popularitas.  Patutlah kita doakan agar mereka itu setia para tugas perutusan dan murah hati, agar Allah semakin dikenal dan dicintai. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer