TETAP TEGAR

 RENUNGAN HARIAN

TGL 30 APRIL 2022 

 Lukas dalam Kis 13: 26-33 mengisahkan: Sdr2ku,  baik yang termasuk keturunan Abraham, maupun yang takut akan Allah, kabar keselamatan itu sudah disampaikan kepada kita. Sebab penduduk Yerusalem dan pemimpin-pemimpinnya tidak mengakui Yesus. 

 Dengan menjatuhkan hukuman mati atas Dia, mereka menggenapi perkataan nabi-nabi yang dibacakan setiap hari Sabat. Meskipun tidak menemukan sesuatu yang dapat menjadi alasan untuk hukuman mati itu, mereka telah meminta kepada Pilatus supaya Ia dibunuh. 

 Dan setelah menggenapi segala sesuatu yang ada tertulis tentang Dia, mereka menurunkan Dia dari kayu salib, lalu membaringkanNya di dalam kubur. Tetapi Allah membangkitkan Dia dari antara orang mati. 

 Selama beberapa waktu Ia menampakkan diri kepada mereka yang mengikuti Dia dari Galilea ke Yerusalem. Mereka itulah yang sekarang menjadi saksiNya bagi umat ini. Dan kami sekarang memberitakan kabar kesukaan kepada kamu, yaitu bahwa janji yang diberikan kepada nenek moyang kita, telah digenapi Allah kepada kita dengan membangkitkan Yesus.  Telah tertulis dalam mazmur kedua: AnakKu Engkau! Aku telah memperanakkan Engkau pada hari ini.  

  

Yohanes dalam injilnya (Yoh 14: 1-6)  mewartakan, Yesus bersabda kpd para muridNya: "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepadaKu. Di rumah BapaKu banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu, sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. 

 Apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempatKu, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada. Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ." 

 Tanya Tomas kepadaNya: "Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?" Kata Yesus : "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Paulus di hadapan org banyak menegaskan: sdr2ku, baik yang termasuk keturunan Abraham, maupun yang takut akan Allah, kabar keselamatan itu sudah disampaikan kepada kita. Kami sekarang memberitakan kabar kesukaan kepada kamu, yaitu bahwa janji yang diberikan kepada nenek moyang kita, telah digenapi Allah kepada kita, keturunan mereka, dengan membangkitkan Yesus. 

 Marilah kita bersyukur kepada Paulus, para pewarta sabda dan penulis kitab suci, shg kita juga mdpat kabar sukacita itu.  Kini tugas kita utk meneruskan iman dan kabar sukacita itu kpd  sdr2 kita, dan anak cucu kita. 

 2. Yesus bersabda: "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepadaKu. Di rumah BapaKu banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. 

 Yesus menjamin bhw di surga ada tempat bagi kita. Namun apa yg disediakan itu harus diperjuangkan, bukan diterima dg gratis. Caranya bagaimana ?   Caranya adalah berbuat bagi kpd sesama tanpa henti, dg tulus dan sukacita sampai saatnya kita menghadap Dia. 

 Semoga jaminan dari Yesus itu mbuat kita tetap tegar, lemah lembut, gembira, murah hati dan setia serta penuh rasa syukur. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer