Novena Kanak-Kanak Yesus

Pada tanggal 16-24 Desember 2008 ini, akan diselenggarakan Novena Kanak-kanak Yesus sekaligus Misa Ayam Berkokok di kota Merauke. Novena ini akan dipimpin oleh P. Yos Somar Pr bersama Effata Group dari Jakarta, di Gereja St. Yoseph Bambu Pemali Merauke. Tahun 2007 yang lalu, Novena digelar untuk pertama kalinya di kota ini, dan pada tahun ini digelar untuk kedua kalinya. Adapun tema yang dipilih adalah: Allah itu Bapa, Dia setia pada janji-Nya.

Pada kegiatan rohani Kanak-kanak Yesus ini, pada bulan Desember 2007 lalu, ribuan orang datang berbondong-bondong mengikuti Novena dan Misa Ayam berkokok di gereja katedral. Mereka datang dari tempat yang jauh maupun yang dekat. Meskipun misa dimulai jam 04.00, jam 02.00 gereja sudah penuh sesak. Mereka dengan penuh semangat ikut novena itu, meski dijemput dengan bus dan truk, atau kendaraan apa pun yang tersedia, yang penting bisa hadir pada waktunya.

Pada tahun 2008 ini pun animo umat juga nampak luar biasa. Mereka diperkirakan akan memenuhi seluruh kursi dan tempat duduk yang disediakan panitia. Ini merupakan tanda / signal bahwa umat sungguh-sungguh membutuhkan penyegaran / pembaharuan hidup yang terpimpin dan terarah. Jam 04.00 sebenarnya merupakan waktu yang sebenarnya sulit, untuk bangun / bergerak bagi kebanyakan orang, namun pada saat yang demikian ini, hal itu tidak menjadi halangan. Mereka bahwa mengalami semua korban itu mendatangkan berkat. Berkat yang mereka alami adalah "mereka berhasil mengalahkan keinginan daging, mereka berhasil ikut novena secara utuh, mereka telah berkorban dan menang atas rasa mengantuk, rasa bosan". Mereka merasa dan mengalami bahwa persiapan Natal dengan batin yang bersih dan damai merupakan persiapan yang terbaik, daripada sibuk dengan hal-hal duniawi semata.

Pada kegiatan novena itu, dibagikan buku panduan, yang berisi tata perayaan novena, lagu-lagu, doa-doa bersama, dan sub-sub tema yang akan dibahas setiap hari. Selama 9 hari berturut-turut mereka merenungkan sub-sub tema yang berbeda, namun saling berkaitan.

Kita doakan dan beri dukungan agar kegiatan rohani ini dapat berjalan lancar dan berguna bagi kedamaian dan ketenteraman hidup menggereja, bermasyarakat dan bernegara.

Selamat mengikuti dan mengalami kasih Bapa melalui novena

Komentar

Postingan Populer