TUHAN TAHU

 RENUNGAN HARIAN

TGL 29 SEPT 23

 

Hari ini kita merayakan 3 malaikat agung: Michael, Gabriel dan Rafael. Mikael artinya: "siapakah yg sama dg Allah?" Gabriel: kekuatan Allah. Rafael: obat Allah atau Allah yg menyembuhkan. 

 Dalam Why 12: 7-12a dikisahkan: "Ketika itu, timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan para malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh para malaikatnya, tetapi mereka tidak dapat bertahan. Maka, mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga. Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah. Dia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan para malaikatnya. 

 Dan aku mendengar suara yang nyaring di sorga berkata: "Sekarang telah tiba keselamatan dan kuasa dan pemerintahan Allah kita, dan kekuasaan Dia yang diurapiNya, karena telah dilemparkan ke bawah pendakwa para saudara kita, yang mendakwa mereka siang dan malam di hadapan Allah kita. Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka, karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut. Karena itu bersukacitalah, hai sorga dan hai kamu sekalian yang diam di dalamnya.

 

 Yohanes dalam injilnya (1: 47-51) mewartakan: "Pada waktu itu, Filipus yg telah tinggal bersama Yesus, bertemu dg Natanael dan mengajak dia: "Mari dan lihatlah!" Yesus melihat Natanael datang kepadaNya, lalu berkata tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!" Tanya Natanael: "Bagaimana Engkau mengenal aku?" Jawab Yesus: "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara." Kata Natanael: "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!" 

 Yesus menjawab: "Aku berkata kepadamu: karena Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu." Lalu kata Yesus lagi: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan para malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1. Allah mempunyai 3 malaikat agung dan beribu-ribu malaikat lainnya. Ada yg disebut malaikat pelindung. 

 Tuhan tahu bhw hidup di dunia ini utk mengikuti panggilan dan kehendak-Nya itu sulit dan berat. Manusia butuh penolong dan pelindung. Maka, sebelum manusia memintanya, Tuhan telah menyiapkan semuanya. Hendaknya kita lun demikian. Kita telah siap segala sesuatunya sebelum peristiwa / kegiatan itu terjadi. 

 2. Kepada Natanael, Yesus menegaskan bhw dia akan melihat para malaikat turun naik di atas Anak Manusia ( = Yesus sendiri). 

 Hendaknya kita percaya bahwa para malaikat itu ada. Mrk adalah para utusan yg handal utk menjaga, melindungi dan menguatkan kita dalam mengisi hidup di dunia ini. Amin.(Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer