GAGAL FOKUS

 RENUNGAN HARIAN

TGL 15 JULI 23

 

Hari ini kita memperingati 1 orang kudus yaitu St. Bonaventura. Dia lahir th 1218 di Italia. Nama itu diberikan oleh Fransiskus Asisi ketika anak itu masih kecil. Nama itu berarti "betapa baik kejadian ini". Kemudian dia bergabung dg tarekat Saudara2 Dina (OFM). Karena hasil studinya baik, dia dipilih menjadi minister jendral selama 9 th berturut-turut. Th 1273 dia diangkat menjadi uskup Albano dan kardinal. Tahun berikitnya dia meninggal dunia ketika menghadiri Konsili di Lyon - Perancis. 

 

Dalam Ef 3: 14-19, Paulus menyapa umatnya: "Sdr2, aku bersujud kepada Bapa, pokok dari semua keturunan yang di dalam sorga dan di atas bumi menerima namanya. Aku berdoa supaya Ia, menurut kekayaan kemuliaanNya, menguatkan dan meneguhkan kamu oleh RohNya di dalam batinmu. Semoga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih. 

 Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan semua orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus. Semoga kamu dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah.  

 

Matius dalam injilnya (23: 8-12) mewartakan sabda Yesus: "Janganlah kamu disebut Rabi; karena hanya satu Rabimu dan kamu semua adalah saudara. Dan janganlah kamu menyebut siapapun bapa di bumi ini, karena hanya satu Bapamu, yaitu Dia yang di sorga. 

 Janganlah pula kamu disebut pemimpin, karena hanya satu Pemimpinmu, yaitu Mesias. Barangsiapa terbesar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu. Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1. Fransiskus Asisi memberi nama "Bonaventura" kepada seorang anak kecil. Nama itu berarti "betapa baik kejadian ini". 

 Nama yg kita pakai / kita sandang - apakah itu pemberian dari orangtua atau karena pilihan sendiri" - punya arti / maksud tertentu. Contoh: Irene : damai. Bejo = beruntung.  Anak diberi nama: Petrus ( batu karang - pemegang kunci kerajaan surga). Mungkin sekali orangtua berharap, anaknya akan menjadi imam atau kelak pegang peranan penting dlm masyarakat. 

 2. Yesus menegaskan: "Jangan mau, kamu disebut rabi". Mengapa ? Mungkin kamu akan sibuk utk melayani, makin terkenal, dan makin kaya sehingga kehilangan jati diri dan melupakan Allah yg telah memberikan anugerah itu. 

 Sebutan itu bisa membuat kamu gagal fokus dan melupakan Allah, meski terkenal di mata masyarakat. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer