DISAPA NAMANYA

 RENUNGAN HARIAN

TGL 11 APRIL 23 

 

Dalam Kis 2: 36-41 diberitakan pada waktu itu, Petrus berbicara kepada orang banyak: "Seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus." Ketika mereka mendengar hal itu hati mereka sangat terharu, lalu mereka bertanya kepada Petrus dan rasul-rasul yang lain: "Apakah yang harus kami perbuat, saudara-saudara?" 

 Jawab Petrus: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus. Bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita." 

  Dan dengan banyak perkataan lain lagi ia memberi suatu kesaksian yang sungguh-sungguh. Dia mengecam dan menasihati mereka: "Berilah dirimu diselamatkan dari angkatan yang jahat ini." 

 

Yohanes dalam injilnya ( 20: 11-18)  mewartakan: "Ketika itu Maria berdiri dekat kubur itu dan menangis. Sambil menangis ia menjenguk ke dalam kubur itu, dan tampaklah olehnya dua orang malaikat berpakaian putih, yang seorang duduk di sebelah kepala dan yang lain di sebelah kaki di tempat mayat Yesus terbaring.  Tanya para malaikat itu kepadanya: "Ibu, mengapa engkau menangis?" Jawab Maria: "Tuhanku telah diambil orang dan aku tidak tahu di mana Ia diletakkan." Sesudah berkata demikian ia menoleh ke belakang dan melihat Yesus berdiri di situ, tetapi ia tidak tahu, bahwa itu adalah Yesus. 

 Tanya Yesus kepadanya: "Ibu, mengapa engkau menangis? Siapakah yang engkau cari?" Maria menyangka orang itu adalah penunggu taman, lalu berkata kepadaNya: "Tuan, jikalau tuan yang mengambil Dia, katakanlah kepadaku, di mana tuan meletakkan Dia, supaya aku dapat mengambilNya." 

 Kata Yesus kepadanya: "Maria!" Maria berpaling dan berkata kepadaNya dalam bahasa Ibrani: "Rabuni!", artinya Guru. Kata Yesus kepadanya: "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudaraKu dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada BapaKu dan Bapamu, kepada AllahKu dan Allahmu."  Maria Magdalena pergi dan berkata kepada murid-murid: "Aku telah melihat Tuhan!" dan juga bahwa Dia yang mengatakan hal-hal itu kepadanya.

 Hikmah yg dpt kita petik:

 1. Petrus menegaskan: "Bagi kamu, anak2mu dan mereka yg masih jauh, janji itu diberikan". Apakah isi janji itu ? Isinya ialah *kamu akan menerima karunia Roh Kudus*.

 Petrus dan para rasul yg lain dulu penakut, cemas dan mudah putus asa. Sesusah menerima karunia Roh Kudus, mereka menjadi org2 yg beriman teguh dan berani menjadi saksi Kristus.  Semoga kita semua yg telah menerima sakramen krisma, semakin beriman teguh dan rela menjadi saksi Kristus.

 2.  Maria Magdalena amat sangat sedih dan menangis karena kehilangan tuannya (=gurunya) yaitu org yg dia yakini  sbg kekuatan dan andalannya. 

 Ketika disapa dg kata *ibu* dia tetap bersedih, namun ketika disapa namanya *Maria*, dia mengenal pribadi yg hilang itu.  Nama itu telah membangkitkan kekuatan dan harapannya, di satu pihak. Di pihak lain, dirinya dibaharui. Gurunya bukan hanya milik dia sendiri, tetapi juga milik banyak org. Maka, dia juga diajak utk turut bersaksi ttg kebangkitan sang guru. 

 Semoga kita juga berlaku demikian. Tuhan yg mulia itu bukan hanya utk diri sendiri, tetapi juga utk org lain. Maka, kita pun diutus utk bersaksi ttg kebangkitanNya. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer