YAKIN DAN PERCAYA

 RENUNGAN HARIAN

TGL  6 FEBR 23

 

Hari ini kita memperingati para martir dari Jepang: st Paulus Miki dkk. Paulus adalah imam asli dari Jepang lahir th 1565. Pelayanannya dan kotbah-kotbahnya memikat hati umat beriman. Th 1597 ketika muncul penganiayaan terhadap orang2 katolik. Dia ditangkap dan disiksa bersama dg 20 orang awam dan 6 misionaris Fransiskan. 

 Mereka disuruh berjalan keliling dan dipertontonkan kpd masyarakat. Telinga mrk disayat, mrk dipukul dan diseret-seret. Mereka disalib di atas bukit di dekat kota Nagazaki. Dari salib, Paulus tetap menyemangati umatnya utk bertahan. Mrk semua mati sbg martir. 

  

Melalui Gal 2: 19-20 Paulus menyapa umatnya: "Sdr2, aku telah mati oleh hukum Taurat untuk hukum Taurat, supaya aku hidup untuk Allah. Aku telah disalibkan dengan Kristus. Kini aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku.  Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diriNya untuk aku.  

 

Matius dalam injilnya (28: 16-20) mewartakan: "Sekali peristiwa, 11 murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka. Ketika melihat Dia mereka menyembahNya, tetapi beberapa orang ragu-ragu. Yesus mendekati mereka dan berkata: "KepadaKu telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1.  Paulus Miki, meski dirinya sdg dalam penganiayaan / penyaliban, tetap menyemangati umatnya. 

 Dia memberikan teladan bhw dia tidak memikirkan dirinya / kepentingannya / nasibnya sendiri. Iman, harapan dan kasihnya kepada Tuhan dan sesamanya, menjadi kekuatannya utk menanggung derita itu. Bersama Kristus, dia bisa, tentu kita pun bisa. 

 2.  Yesus bersabda: "KepadaKu diserahkan segala kuasa di surga dan di bumi".  Sabda itu telah dilakukanNya melalui hidup, karya, wafat dan kebangkitan serta kenaikanNya ke surga. Dia juga yg menjamin kebenaran sabda itu. Maka, hendaknya kita yakin dan percaya (=tidak ragu2 / tidak meragukan) janji2 yg Dia sampaikan kpd banyak org". Amin.

 

Komentar

Postingan Populer