TEMPAT TINGGAL

 RENUNGAN HARIAN

13 MEI 2022

 Dalam Kis 13:26-33 dikisahkan: "Sdr2, baik yang termasuk keturunan Abraham, maupun yang takut akan Allah, kabar keselamatan itu sudah disampaikan kepada kita. Penduduk Yerusalem dan para pemimpinnya tidak mengakui Yesus. Dengan menjatuhkan hukuman mati atas Dia, mereka menggenapi perkataan nabi-nabi yang dibacakan setiap hari Sabat.

 Meskipun mereka tidak menemukan sesuatu yang dapat menjadi alasan untuk hukuman mati itu, mereka telah meminta kepada Pilatus supaya Ia dibunuh.  Dan setelah menggenapi segala sesuatu yang ada tertulis tentang Dia, mereka menurunkan Dia dari kayu salib, lalu membaringkan-Nya di dalam kubur. 

 Allah membangkitkan Dia dari antara orang mati. Dan selama beberapa waktu Ia menampakkan diri kepada mereka yang mengikuti Dia dari Galilea ke Yerusalem. Mereka itulah yang sekarang menjadi saksi-Nya bagi umat ini.

 Dan kami sekarang memberitakan kabar kesukaan kepada kamu, yaitu bahwa janji yang diberikan kepada nenek moyang kita, telah digenapi Allah kepada kita, keturunan mereka, dengan membangkitkan Yesus. Seperti yang ada tertulis dalam mazmur kedua: Anak-Ku Engkau! Aku telah memperanakkan Engkau pada hari ini.

  

Yohanes dalam injilnya (14:1-6) mewartakan sabda Yesus kpd org banyak:  "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.

 Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.

 Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ.” Tanya Tomas kepada-Nya: “Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?” Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

 Hikmah yang dapat kita petik:

 1.  Dikisahkan bahwa meskipun tidak menemukan sesuatu yang dapat menjadi alasan untuk hukuman mati itu,  mrk  telah meminta kepada Pilatus supaya Ia dibunuh.  

 Sering kali terjadi bahwa org mencari-cari kesalahan sesamanya, karena sentimen, dikompori org lain atau karena sesuatu yg tidak jelas spy org lain itu menderita, sakit, dan teraniaya.  Sikap / tindakan spt itu, bertentangan dg hati nurani, dan tidak sesuai dg teladan Yesus yg datang utk menyelamatkan org2 berdosa. 

 2.  Yesus bersabda: "Di rumah BapaKu banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. 

 Apa yg diajarkan Kristus, bukan hanya utk mdapatkan kebahagiaan di dunia saja, tetapi juga di surga. Hanya Dia yg telah menyatakan janji itu dan menggenapinya. Dia memberikan teladan kpd kita, bahwa apa yg diucapkanNya pasti diwujudkan.  Jangan berdusta. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

Komentar

Postingan Populer