SALURAN KASIH

 RENUNGAN HARIAN

MINGGU, 4 OKT 2020

 Yesaya (Yes 5: 1-7) berkisah ttg Allah Yahwe yg begitu dekat dg Israel - umatNya: "Aku hendak menyanyikan lagu ttg kekasihku. Lagu kekasihku ttg kebun anggurnya. Kekasihku mpunyai kebun anggur yg subur. Kebun itu ditanami bibit anggur pilihan, dirawat dan dicangkulnya, tetapi yg dihasilkan adalah anggur yg masam. Kebun anggur itu adalah Israel. Allah begitu kecewa, atas kebun itu. 

 Paulus (Filp 4: 6-9) menasehati umatnya: "Janganlah kamu khawatir akan apa pu juga, dlm segala hal nyatakanlah keingianmu dg doa dan ucapan syukur.  Segala yg baik dan benar, yg disebut kebajikan pikirkanlah itu. Apa yg kamu pelajari dan kamu lihat, lakukanlah itu. 

 Matius ( Mat 21: 33-43 ) berkisah ttg Yesus yg mengajar org banyak dg menggunakan perumpaan. Seorang tuan tanah membuka kebun anggur dan mbuat tembok di sekelilingnya. Ia menyewakan kebun itu kpd para penggarap. Karena mrk tidak pernah mberikan hasil, tuan itu menyuruh pegawainya utk minta bagiannya. Karena tidak berhasil, dia menyuruh anaknya sdiri. Namun anak itu juga dibunuh. 

Tuan itu marah dan mengutus para pelayannya utk menumpas mrk. 

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1.  Allah begitu mencintai umatNya shg disebut kekasihNya. Sayangnya kekasihNya itu tidak fokus pd Allah yg satu itu, tetapi suka "cari senang dan cari gampang"  dg mengikuti arus jaman, mode, pengaruh dari luar daerah / luar negeri. 

 Hendaknya para beriman tetap fokus pd Allah yg esa yg dikenal lewat Yesus, meski ada kesulitan dan kekecewaan besar dlm hidup ini.  Tidak perlu pergi ke dukun, atau org pintar atau main judi atau mbuat hal2 yg merugikan diri sdiri.  

 2. Allah tetap minta pertanggung jawaban atas apa yg dipercayakan kpd umatNya, dan kpd pekerjaNya ( uskup, pastor, biarawan-wati, pimpinan bidang apa pun, koordinator atau apa pun namanya).  Laporan pertg jawaban akan mudah terlaksana, bila org itu punya niat dan komitmen utk melakukannya.  

 Apa yg dipercayakan itu milik Allah, dan manusia adalah "pekerja" - Nya. Manusia bukan "bossnya" Allah yg bisa mengontrol dan memaksa Dia utk mengikuti kemauannya. 

 3.  Segala yg baik dan benar pikirkanlah. Dan apa yg kamu lihat (teladan hidup dan kerja keras, tggung jawab dan menyelesaikan laporan) lakukanlah. Org yg melakukan yg baik dan benar sebetulnya SUDAH MENJADI SALURAN KASIH DAN RAHMAT ALLAH. 

 Marilah kita bersyukur bhw tiap hari kita diberi waktu utk berbuat baik. Amin. (Mgr Nico Adi MSC).

 

 

 

Komentar

Postingan Populer