KUASA KEGELAPAN

 RENUNGAN HARIAN

Tgl 30 JUNI 2020

 Hari ini kita mdapat firman Tuhan yg disampaikan lewat nabi Amos. Amos menyampaikan bhw Tuhan betul2 marah  dan kecewa berat kpd Israel - umat pilihanNya yg keras kepala, berlaku jahat dan tidak setia kepada Yahwe yg telah menuntun mrk keluar dari Mesir. Nabi mengecam prilaku mrk, karena prilaku buruk itu telah mbawa mereka pada penderitaan besar. 

 Dlm Injil (Mat 8: 23-27) Yesus bersama para muridNya sdg dalam perjalanan ke kampung lain dg naik perahu. Murid2Nya ketakutan ketika ada badai yg mengamuk. Yesus yg sdg tidur dibangunkan, menghardik angin itu shg menjadi teduh. 

 Hikmah yg dpt kita petik: 

 1.       Tugas para nabi (pewarta sabda dan iman) adalah mengingatkan / mengecam prilaku jahat (=buruk) yg mbahayakan hidup dan iman umat Allah. Yg dikecam adalah perbuatannya / kejahatannya bukan oknumnya. "Oknumnya" tetap dicintai namun perbuatan yg jahat itu ditunjuk /dikomentari  spy ditinggalkan, shg manusia hidup dalam kasih.  Teguran para gembala umat, guru, pemerintah, ketua lembaga atau bahkan org biasa / pembantu RT / seorang anak kecil  bertujuan utk "menolong org agar hidup di jalan yg benar". 

 2.       Bersama Yesus, para muridNya mengalami keamanan dan ketenangan luar biasa. Kuasa dan kerahiman Allah, sungguh hadir dan nyata dlm diriNya shg semua ciptaan dan kuasa apa pun tunduk kpdNya. Maka, setiap org digugah utk mpercayakan diri kpd Nya....bukan kpd batu akik, akar2 pohon, gelang2 antik, keris atau dukun2...yg mberikan hanya "penghiburan sementara" namun tidak bisa menyelamatkan nyawanya sendiri.

 3.       Org2 yg diikat oleh dukun / keris atau ikatan tertentu klo mau mati "gelisah dan sengsara" yg berkepanjangan. Amat menyedihkan keadaannya. Namun setelah dia pasrah dan "membuang ikatan kegelapan itu"... dia pergi menghadap Sang Khalik dgn damai. Org yang ada dalam situasi demikian ini, perlu dibantu dgn nasehat dan doa2 ( Doa Tobat, Bapa Kami, Salam Maria) supaya mengimani Allah dan  mau pasrah, kemudian membuang “jimat / keris / atau benda2 tertentu” atau dendam kepada orang tertentu, lalu mau mengampuni dan minta pengampunan.  Bila kepasrahan itu terjadi, dan ikatan-ikatan kegelapan itu telah dibuang, orang itu bisa pergi dengan tenang dan tersenyum. Rahmat Allah menyertainya.

 4.       Membuat ikatan dg kuasa kegelapan / ikut nasehat dukun2 itu sungguh2 bertentangan dg iman kpd Kristus. Tindakan itu adalah dosa, karena menggantikan Allah dan kuasaNya dgn batu dan dukun. Buang dan lepaskan kuasa itu, sebelum orang itu ( mereka / saya ) makin tersiksa. 

 Marilah kita mohon kpd Allah yg mahakuasa dan maharahim agar kita diberi rahmat dan kebijaksanaan serta kekuatan dlm mghadapi aneka tantangan / bujukan kuasa kegelapan.  Bersama dg seluruh anggota keluarga, anggota komunitas, lingkungan, persekutuan doa, organisasi dll kita mohon Tuhan agar masing2 org dikuatkan dan dilindungi dari ancaman / gangguan kuasa kegelapan itu.  Doa bersama amat besar kekuatannya utk menolak kuasa kegelapan dan dorongan utk melakukan kejahatan. (Mgr Nico Adi MSC).

Komentar

Postingan Populer