EMPAT AGUSTUS 2019


Tgl 4 Agustus

Berkunjung ke Generakat PBHK – Roma

Saya naik bis, dan turun di Halte bis yang namanya Plebiceita di sekitar alun-alun besar yang disebut Piazza Venezia. Dari sana, saya naik bis tanpa harus ganti beberapa kali. Memang bis itu berhenti di beberapa halte, namun saya ikut saja sampai di tempat tujuan.  Kira-kira tahun 2007 saya pernah ke sana, sehingga masih ingat persimpangan dan jalan yang harus dilewati.

Sebelum naik bis, saya mengambil foto rute yang akan dilewati bis, sehingga saya punya kepastian berapa perhentian yang akan saya lalui, dan memudahkan saya untuk turun di mana.  Sekian tahun yang lalu, saya pernah ke sana, ditemani oleh seorang romo. Karena itu, ketika sampai di tempat pemberhentian bis yang terakhir, saya masih bisa mengingat beberapa bangunan, dan tanda-tanda yang masih bisa dikenali.  Saya turun di tempat yang tepat.  Syukur kepada Allah yang telah memberi saya daya ingat yang baik. Saya tidak kesasar. 

Saya tiba dengan selamat di Generalat PBHK. Di sana sudah menunggu Sr. Laurentia Piranti (Indonesia), Sr. Merly  (Philippina) dan Sr. Margareth ( Papua Nugini). Kami minum kopi dan bersharing tentang banyak hal, juga rekan-rekan yang masih saya kenal di Philipina. Beberapa di antaranya sudah meninggal.

Hari itu, saya punya kesempatan untuk melihat klinik milik PBHK yang dikelola oleh kaum awam. Ada suster-suster PBHK asal Italy yang sudah lansia. Mereka tinggal di tempat tidur saja. Salah seorang suster yang tetap tinggal di tempat tidur adalah kemenakan dari Paus Johanes XXIII. Usianya hampir 100 tahun.

Mereka itu adalah para perintis yang telah membaktikan hidup mereka untuk kepentingan banyak orang. Semoga Tuhan memberikan saat-saat yang baik, dan bila saatnya tiba memberikan ganjaran kehidupan abadi di surga. 






Komentar

Postingan Populer